Rutan Bandarlampung fogging blok warga binaan untuk cegah terjadinya DBD

id Rutan bandarlampung, fogging blok napi, dbd

Rutan Bandarlampung fogging blok warga binaan untuk cegah terjadinya DBD

Petugas fogging blok warga binaan. (ANTARA/HO)

Kita khawatir warga binaan ada yang terkena DBD sehingga kita lakukan antisipasi dengan cara penyemprotan fogging
Bandarlampung (ANTARA) - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Bandarlampung bersama petugas Puskesmas Way Kandis melakukan penyemprotan pengasapan (fogging) di seluruh blok hunian warga binaan setempat.

Kepala Rumah Tahanan Negara (Karutan) Bandarlampung Iwan Setiawan mengatakan kegiatan pengasapan tersebut bertujuan untuk melakukan pencegahan terhadap penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

"Kita tahu bahwa sekarang ini telah memasuki musim penghujan. Kita khawatir warga binaan ada yang terkena DBD sehingga kita lakukan antisipasi dengan cara penyemprotan fogging untuk mengurangi populasi nyamuk," katanya di Bandarlampung, Kamis.

Selain itu, petugas dan warga binaan juga sempat diberikan penyuluhan tentang DBD dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) oleh petugas Puskesmas Way Kandis. Dengan adanya fogging tersebut, diharapkan dapat mencegah penyakit DBD terhadap petugas, khususnya warga binaan setempat.

"Mudah-mudahan tidak ada warga binaan maupun petugas kita yang terdampak DBD. Ke depan kita akan coba lakukan kembali fogging di setiap ruangan blok dan ruangan petugas," kata dia.

Karutan berharap kepada seluruh petugas maupun warga binaan juga dapat menjaga kebersihan lingkungan agar tidak memunculkan jentik-jentik nyamuk.

"Terus lakukan kebersihan agar tidak mengundang nyamuk dan dapat membahayakan kita semua. Percuma jika terus kita fogging namun kebersihan tidak jaga," katanya.