Arinal minta semua pihak tingkatkan akses bacaan berkualitas

id Literasi lampung, Pemprov Lampung, Gubernur Lampung, akses buku bacaan lampung

Arinal minta semua pihak tingkatkan akses bacaan berkualitas

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi saat menghadiri peresmian gedung Perpustakaan Provinsi Lampung dan Festival Literasi 2024. ANTARA/HO-Pemprov Lampung.

Bandarlampung (ANTARA) - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi meminta semua pihak untuk ikut berpartisipasi meningkatkan akses bacaan berkualitas bagi masyarakat yang ada di daerahnya guna meningkatkan literasi.
 
"Mari kita tingkatkan akses terhadap bahan bacaan yang berkualitas, baik melalui perpustakaan maupun media digital. Sambil semua juga ikut mendorong kreativitas serta terbentuknya inovasi dalam mempromosikan budaya literasi di daerah," kata Arinal Djunaidi di Bandarlampung, Kamis.
 
Ia mengatakan salah satu cara untuk meningkatkan akses bacaan bagi masyarakat oleh pemerintah daerah yaitu telah dilakukan melalui pembangunan gedung Perpustakaan Provinsi Lampung yang lebih luas dengan berbagai bahan bacaan yang hari ini diresmikan.
 
"Dengan diresmikannya gedung perpustakaan ini menjadi momen bersejarah karena menjadi satu langkah maju dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan budaya baca masyarakat Lampung," katanya.
 
Menurut dia melalui kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk lembaga pendidikan, komunitas literasi, dan sektor swasta, pemerintah daerah akan berupaya menciptakan ekosistem perpustakaan yang dinamis, inklusif, dan relevan dengan kebutuhan masyarakat.
 
"Selain itu pemerintah daerah pun telah secara rutin melaksanakan Festival Literasi, sehingga mari semua pihak melalui festival ini, kita dapat mendorong semangat literasi di kalangan masyarakat, mulai dari anak-anak hingga dewasa, untuk terus belajar dan berkembang," ucap dia.
 
Dia mengatakan Provinsi Lampung dengan beragam kekayaan alam dan kebudayaan, memiliki potensi besar untuk menjadi pusat literasi yang maju dan berjaya.
 
"Dengan bantuan dan sinergisitas semua pihak dalam menyediakan bahan bacaan yang berkualitas bagi masyarakat maka minat membaca bisa meningkat serta literasi semakin baik. Sehingga potensi menjadi pusat literasi akan terwujud," tambahnya.