Itera siapkan 132 pengawas pada pelaksanaan UTBK-SNBT 2024

id Lampung,UTBK-SNBT,Itera,Institut Teknologi Sumatera

Itera siapkan 132 pengawas pada pelaksanaan UTBK-SNBT 2024

Petugas sedang mempersiapkan pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2024, pada Selasa (30/4). Lampung Selatan, Provinsi Lampung, Senin (12/4/2024). (ANTARA/HO-Humas Itera)

Bandarlampung (ANTARA) - Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Institut Teknologi Sumatera (Itera) mengatakan 132 petugas pengawas disiapkan dalam pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2024 pada Selasa (30/4).

"Sebanyak 132 petugas pengawas akan memastikan pelaksanaan ujian berjalan lancar. Para pengawas juga telah mendapatkan pembekalan untuk mengawasi proses UTBK-SNBT dengan ketat," kata Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Itera Abdul Rajak di Lampung Selatan, Senin.

Dia menekankan kepada petugas pengawas agar mengecek identitas peserta secara detail, termasuk mengenali wajah peserta dengan foto di identitas. Selain itu, pengecekan berlapis juga akan diterapkan baik secara manual ataupun dengan metal detektor.

"Tentu semua ini dilakukan untuk memastikan peserta tidak membawa benda-benda yang dilarang selama pelaksanaan ujian," katanya.

Ia mengatakan Itera telah siap menyelenggarakan UTBK, karena segala infrastruktur komputer, jaringan internet, dan listrik telah rampung disiapkan. "Termasuk tenaga pengawas, dan infrastruktur pendukung kesehatan, seperti ambulan dan petugas medis," katanya. 

Sementara Kepala Unit Penunjang Akademik Teknologi Informasi dan Komunikasi (UPA TIK) Itera Andre Febrianto menyampaikan persiapan infrastruktur juga telah rampung disiapkan.

"Mulai dari menginstall aplikasi ujian, menyiapkan server, hingga memastikan komputer yang digunakan untuk ujian dapat berkomunikasi dengan server," katanya. 

Andre menambahkan tim juga telah melakukan monitoring dan konfigurasi yang diperlukan agar koneksi internet tetap terjaga dengan baik dan menyiapkan komputer cadangan pada setiap ruang ujian.

“Bersama tim perlengkapan dan sarpras, kami juga menyiapkan genset yang mengcover semua komputer ujian serta server sebagai mitigasi terhadap kendala kelistrikan. Kami juga mengimbau agar setiap peserta tidak panik dan segera laporkan ke pengawas ujian apabila mengalami kendala saat ujian berlangsung, karena ujian tetap dapat dilanjutkan," katanya. 

Institut Teknologi Sumatera (Itera) menjadi lokasi pelaksanaan UTBK-SNBT 2024 yang mulai dilaksanakan pada Selasa (30/4) dan diikuti sebanyak 2.089 peserta, yang terbagi dalam tiga sesi ujian.

Pelaksanaan UTBK dipusatkan di Gedung Laboratorium Teknik 1, 3, dan 5 (Labtek OZT) pada Selasa, 30 April 2024 dan Kamis 2 Mei 2024. Sebanyak 766 komputer telah disiapkan sebagai infrastruktur penunjang UTBK, termasuk 69 komputer cadangan.