Kapolda: Pendidikan karakter bentuk generasi berintegritas

id Lampung,Bandarlampung,Pendidikan,Polda Lampung

Kapolda: Pendidikan karakter bentuk generasi berintegritas

Arsip-Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika. ANTARA/HO-Polda Lampung.

Komitmen bersama adalah kunci untuk mewujudkan visi Indonesia sebagai negara yang maju melalui pendidikan yang merata dan berkualitas, tambahnya
Bandarlampung (ANTARA) - Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika mengatakan pentingnya pendidikan karakter dalam membentuk generasi yang memiliki integritas, tanggung jawab, dan empati terhadap sesama.

"Pendidikan tidak hanya tentang penguasaan materi akademik, tetapi juga tentang pembentukan karakter yang kuat dan beretika," kata Kapolda Lampung, di Bandarlampung, Kamis.

Ia mengatakan pentingnya peran pendidikan dalam membangun masyarakat yang berkualitas dan beradab. Sebab pendidikan adalah investasi jangka panjang yang akan membawa kemajuan bagi bangsa Indonesia.

"Jadi pendidikan bukan hanya tanggung jawab pemerintah atau institusi pendidikan semata, tetapi juga tanggung jawab bersama seluruh elemen masyarakat. Kita perlu bersatu dalam upaya meningkatkan akses, mutu, dan relevansi pendidikan untuk semua anak Indonesia," kata dia.

Helmy Santika juga menekankan diperlukan kolaborasi antara pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat dalam mendukung pembangunan pendidikan yang inklusif dan berkelanjutan.

"Komitmen bersama adalah kunci untuk mewujudkan visi Indonesia sebagai negara yang maju melalui pendidikan yang merata dan berkualitas," tambahnya.

Peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun ini juga menjadi momentum untuk merenungkan tantangan dan peluang yang dihadapi dalam meningkatkan mutu pendidikan di tengah dinamika zaman yang mencakup penerapan teknologi dalam pembelajaran, peningkatan kualitas tenaga pendidik, serta upaya memperluas akses bagi anak-anak di daerah terpencil.

"Dengan semangat Hari Pendidikan Nasional yang kental, diharapkan semua pihak dapat bersatu untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif, inovatif, dan berdaya saing tinggi. Hanya dengan pendidikan yang kuat dan merata, Indonesia dapat melangkah menuju masa depan yang gemilang dan berkelanjutan," kata dia.