Pemkot Bandarlampung: Disiapkan anggaran Rp15 miliar perbaiki drainase

id Lampung,Bandarlampung,Pemkot Bandarlampung,Drainase,Banjir

Pemkot Bandarlampung: Disiapkan anggaran Rp15 miliar perbaiki drainase

Arsip foto- Sekretaris Daerah Kota Bandarlampung Iwan Gunawan. (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Daerah yang menjadi prioritas, seperti Rajabasa, Kedamaian, Kedaton, Telukbetung yang memang kerap banjir.
Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung menganggarkan dana senilai Rp15 miliar pada 2024 untuk perbaikan drainase yang ada di kota ini sebagai salah satu upaya mencegah banjir.

"Tahun ini anggaran perbaikan drainase di Dinas Pekerjaan Umum (PU) sebesar Rp15 miliar. Ini untuk perbaikan rutin dan perbaikan kegiatan," kata Sekretaris Daerah Kota Bandarlampung Iwan Gunawan, di Bandarlampung, Kamis.

Iwan Gunawan mengungkapkan  anggaran yang digelontorkan ke Dinas PU itu, untuk perbaikan drainase yang mencakup di 20 kecamatan di kota ini.

"Sebenarnya drainase di Bandarlampung masih mampu berfungsi dengan baik, karena kalau masalah banjir itu belum masuk kategori, sebab banjir itu kalau hujan berhenti air akan menggenang berhari-hari, tetapi ini kan tidak," kata dia.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandarlampung Muhaimin mengatakan perbaikan drainase di 20 kecamatan menjadi program prioritas pada tahun ini.

"Semua perbaikan drainase di Bandarlampung menjadi prioritas. Kalau perbaikan rutin itu seperti penanganan banjir beberapa waktu lalu, sedangkan perbaikan kegiatan itu tersebar di 20 kecamatan di kota ini," kata dia.

Namun begitu, lanjut dia, dalam melakukan kegiatan perbaikan, tentu ada sejumlah daerah atau kecamatan yang didahulukan dalam pembenahan drainasenya, karena kerap terjadi banjir saat hujan lebat tiba.

“Daerah yang menjadi prioritas, seperti Rajabasa, Kedamaian, Kedaton, Telukbetung yang memang kerap banjir. Hingga saat ini, drainase yang telah diperbaiki dalam kegiatan rutin sekitar 40 ruas," kata dia.