Lampung alokasikan 10.500 dosis vaksin rabies

id Vaksin rabies Lampung, vaksinasi rabies hewan, kesehatan hewan Lampung

Lampung alokasikan 10.500 dosis vaksin rabies

Ilustrasi - Pelaksanaan pelayanan kesehatan hewan di UPTD Balai Pelayanan Kesehatan Hewan, Kesehatan Masyarakat Veteriner dan Laboratorium Lampung. (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung telah mengalokasikan sebanyak 10.500 dosis vaksin rabies untuk vaksinasi Hewan Penular Rabies (HPR) di daerahnya.

"Pelaksanaan vaksinasi rabies dilakukan secara massal dan sudah dilaksanakan secara serentak pada Sabtu (30/9) kemarin," ujar Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung Lili Mawarti di Bandarlampung, Senin.

Vaksin rabies yang disiapkan melalui alokasi anggaran pada 2023 ini sebanyak 10.500 dosis, yang akan memenuhi kebutuhan bagi 15 kabupaten serta kota di Provinsi Lampung.

Untuk distribusi 10.500 dosis vaksin rabies tersebut sudah dilakukan ke 15 kabupaten dan kota sejak Agustus dan September.

"Distribusi vaksin rabies ke kabupaten dan kota sudah dilakukan sejak Agustus dan September kemarin. Sehingga bila ada masyarakat yang membutuhkan vaksinasi rabies bagi hewan peliharaannya sudah tersedia di Puskeswan di 15 kabupaten dan kota," ucapnya.

Menurut dia, dengan adanya distribusi vaksin rabies ke 15 kabupaten dan kota, diharapkan pelaksanaan pelayanan vaksinasi rabies tidak mengalami kendala.

"Pelayanan vaksinasi rabies sudah dilakukan di semua Puskeswan kabupaten dan kota, serta UPTD Balai Pelayanan Kesehatan Hewan, Kesehatan Masyarakat Veteriner dan Laboratorium. Semua pelayanan vaksinasi rabies diberikan secara gratis kepada masyarakat yang ingin memvaksinasi hewan peliharaannya agar terhindar dari rabies," ujarnya.

Ketersediaan vaksin rabies bagi hewan tersebut juga dikatakan oleh Kepala UPTD Balai Pelayanan Kesehatan Hewan, Kesehatan Masyarakat Veteriner dan Laboratorium Pakan Christin Septriansyah.

"Jumlah vaksin rabies yang ada di UPTD tahun ini sekitar 2.000 dosis, dan pengadaan untuk bulan ini sekitar 1.500 dosis. Jadi memang ada peningkatan dari tahun lalu, sebab tahun kemarin ketersediaan sekitar 1.000 dosis," ujar Christin Septriansyah.

Ia melanjutkan kesadaran masyarakat untuk membawa hewan peliharaannya untuk mendapatkan vaksin rabies sudah meningkat.

"Saat ini kesadaran masyarakat sudah meningkat agar hewan peliharaannya tetap sehat," katanya.*