UPTD Kesehatan Hewan Lampung menyediakan 1.500 dosis vaksin rabies

id Vaksinasi hewan Lampung, vaksin rabies Lampung, kesehatan hewan lampung

UPTD Kesehatan Hewan Lampung menyediakan 1.500 dosis vaksin rabies

Pelayanan kesehatan hewan, salah satunya vaksinasi rabies bagi hewan peliharaan di UPTD Balai Pelayanan Kesehatan Hewan, Kesehatan Masyarakat Veteriner, dan Laboratorium Pakan Provinsi Lampung. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi

Bandarlampung (ANTARA) - Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Balai Pelayanan Kesehatan Hewan, Kesehatan Masyarakat Veteriner, dan Laboratorium Pakan Provinsi Lampung menyediakan 1.500 dosis vaksin rabies untuk pelayanan kesehatan hewan selama satu tahun di daerah itu.
 
"Alokasi vaksin rabies tahun ini ada 1.500 dosis yang siap melayani kegiatan vaksinasi rabies bagi hewan peliharaan milik masyarakat yang datang ke UPTD," ujar Kepala UPTD Balai Pelayanan Kesehatan Hewan, Kesehatan Masyarakat Veteriner, dan Laboratorium Pakan Christin Septriansyah di Bandarlampung, Jumat.
 
Ia mengatakan alokasi vaksin rabies 1.500 dosis yang disediakan untuk pelayanan kesehatan hewan hingga akhir tahun itu akan mengalami penambahan alokasi guna memenuhi kebutuhan vaksinasi rabies di wilayah tersebut.
 
"Biasanya dari alokasi ini akan ada tambahan dari pemerintah pusat saat Hari Rabies Sedunia, dan saat waktu Bulan Bakti Peternakan," katanya.
 
Dia menjelaskan bagi masyarakat yang ingin menjaga kesehatan hewan peliharaan bisa mendapatkan vaksinasi rabies di UPTD dengan jam pelayanan yang dilakukan setiap Senin-Jumat, saat jam kerja.
 
"Untuk vaksinasi rabies ini bisa didapatkan di UPTD dengan harga terjangkau hanya dengan tarif Rp10 ribu per ekor. Kalau untuk vaksinasi gratis hanya dilakukan di kegiatan tertentu saja seperti Hari Rabies di September serta kegiatan lainnya," ucapnya.
 
Menurut dia, saat ini kesadaran masyarakat untuk membawa hewan peliharaan divaksin rabies semakin meningkat.
 
"Masyarakat banyak yang sudah sadar untuk menyuntikkan vaksin rabies ke hewan peliharaannya sekarang. Kebanyakan membawa kucing peliharaannya ada juga anjing, karena memang kesehatan hewan ini jadi salah satu yang diperhatikan oleh para pecinta binatang saat ini," katanya.
 
Ia mengharapkan, masyarakat agar terus konsisten menjaga kesehatan hewan peliharaan guna mencegah penularan penyakit hewan ke manusia atau ke hewan peliharaan lainnya.
 
"Kesehatan hewan ini penting jadi harus terus dijaga, bagi yang belum vaksinasi rabies dapat segera melakukan vaksin untuk mencegah persebaran rabies di hewan peliharaan," ujar dia.