Dua pulau di Lampung telah bebas dari rabies

id Pulau bebas rabies, Pemprov Lampung, Lampung bebas rabies

Dua pulau di Lampung telah bebas dari rabies

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung Lili Mawarti. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Pulau Pisang dan Tabuhan memang kita lakukan upaya pengentasan dari rabies lebih dahulu, sebab keduanya merupakan pulau yang ramai dikunjungi wisatawan, katanya
Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung mengungkapkan dua pulau di daerah itu telah ditetapkan bebas dari persebaran rabies.

"Saat ini, daerah di Provinsi Lampung yang ditetapkan sudah bebas rabies ada dua," ujar Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung Lili Mawarti di Bandarlampung, Selasa.

Ia mengatakan dua daerah yang dinyatakan bebas dari rabies tersebut, uyaitu Pulau Pisang di Kabupaten Pesisir Barat dan Pulau Tabuhan di Kabupaten Tanggamus.

"Pulau Pisang dan Tabuhan memang kita lakukan upaya pengentasan dari rabies lebih dahulu, sebab keduanya merupakan pulau yang ramai dikunjungi wisatawan. Jadi langkah ini dilakukan untuk menenangkan turis yang berkunjung untuk berwisata agar tidak takut terhadap persebaran rabies pada hewan yang ada di pulau," katanya.

Pada tahun ini, pihaknya berupaya menambah lagi satu pulau yang akan dibebaskan dari rabies, yaitu Pulau Sebesi di Kabupaten Lampung Selatan.

"Tahun ini berupaya menambah satu lagi yakni Pulau Sebesi yang ada di Kabupaten Lampung Selatan agar bisa dijadikan bebas rabies, sembari kami pun mengendalikan populasi hewan penular rabies melalui kegiatan sterilisasi," ucapnya.

Menurut dia, tidak menutup kemungkinan akan dilakukan pula penuntasan kasus rabies di kabupaten dan kota di daerah itu secara bertahap.

"Pengentasan rabies di kabupaten dan kota secara bertahap akan dilakukan dengan kerja sama bersama Balai Veteriner. Kami berupaya juga secepat mungkin memberikan bantuan vaksin ke kabupaten kota. Bila vaksin dari alokasi APBD kurang bisa meminta bantuan ke Kementerian Pertanian. Dengan harapan dalam lima tahun ke depan bisa bebas rabies," katanya.

Kepala Balai Veteriner Lampung drh Hasan Abdullah Sanyata mengatakan kesiapannya membantu pemkab melaksanakan upaya menyelesaikan masalah rabies di daerah itu.

"Kami akan berupaya membantu pemerintah daerah mewujudkan daerah-daerah yang bebas dari rabies, nanti akan ada tim yang mendata serta mendeteksi kasus di setiap desa secara berkala," ujar dia.

Ia mengatakan dengan adanya pulau yang telah terbebas dari rabies dan rencana untuk menambah satu lagi maka diharapkan penularan rabies di Lampung dapat terkendali dengan baik.

"Harapannya kasus rabies bisa terkendali, tidak hanya rabies semoga penyakit zoonosis juga bisa dikendalikan dengan baik," ucap dia.