Dinkes Lampung Selatan siapkan 102 personel pada Lebaran 2023

id Personel Dinkes,Lampung Selatan,Pos kesehatan,lebaran lampung selatan

Dinkes Lampung Selatan siapkan 102 personel pada Lebaran 2023

Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lampung Selatan. ANTARA/Riadi Gunawan

...dari 15 pos tersebut seluruhnya disebar di sepanjang jalur mudik Lampung Selatan.
Lampung Selatan (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung menyiapkan sebanyak 102 personel yang disebar di sepanjang jalur arus mudik dan balik Lebaran/Idul Fitri 1444 Hijriah untuk melayani kesehatan pemudik serta mencegah penularan peningkatan COVID-19.

"Kami dari Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan mengerahkan sebanyak 102 personel yang disebar di 15 pos jalur mudik Lampung Selatan," kata kepala Dinkes Lampung Selatan Heri Surya Wijaya, di Kalianda, Senin.

Pihaknya menyiapkan 15 pos untuk meningkatkan kenyamanan dan kesehatan para pelaku perjalanan mudik.

"Untuk pos sesuai dengan yang dari Polres Lampung Selatan yakni 15 posko yang tersebar dari Bakauheni hingga Bandara Radin Inten II," kata dia.

Selanjutnya, katanya lagi, dari 15 pos tersebut seluruhnya disebar di sepanjang jalur mudik Lampung Selatan.

"Titik pos tersebar di sepanjang jalur mudik, yakni di Pelabuhan Bakauheni, Bandara Radin Inten II, Jalan Lintas Sumatera, Pos Merak Belantung, Pos Pasir Putih, Pos RM Tiga Saudara, Pos Pam Gayam, Kota Dalam, Sebalang, Itera, Natar, Pelabuhan BBI, Jalan Tol Trans Sumatera Km 20,49,87 B dan Rest Area Km 33 A," katanya pula.

Ia juga mengatakan, untuk menyempurnakan kenyamanan dan keselamatan calon pemudik nantinya, pihaknya juga menyiapkan sebanyak 30 unit mobil ambulans.

"Kami juga menyiapkan mobil ambulans dari puskesmas dan PSC 119 sebanyak 30 unit kendaraan," ujar dia.

Dia menjelaskan, untuk rumah sakit (RS) rujukan yang disiapkan pihak Dinkes setempat, yakni di Rumah Sakit Bob Bazar, RS Airan Raya, dan RS Natar Medika.

Dia juga berharap kepada seluruh masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik, agar dapat menjaga kesehatan dan stamina saat di perjalanan serta selalu memakai masker.

"Kami menyarankan kepada masyarakat yang kurang sehat terutama berkaitan dengan penyakit saluran pernapasan, agar senantiasa memakai masker dan tidak bepergian sebelum sembuh," ujar dia pula.

Dia mengingatkan lonjakan arus pemudik pada tahun ini diperkirakan akan terjadi, oleh karena itu pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pihak terkait agar mudik Lebaran tahun 2023 ini lancar, aman, dan nyaman.
Baca juga: Bupati Lampung Selatan pimpin apel perdana usai libur Lebaran
Baca juga: Polres Lampung Selatan tingkatkan pengamanan jelang mudik Lebaran 2023