KPU Lampung catat coklit telah jangkau 3,9 juta pemilih

id Lampung,Bandarlampung,KPU Lampung,Coklit,Pencocokan dan penelitian

KPU Lampung catat coklit telah jangkau 3,9 juta pemilih

Koordinator Divisi Data dan Informasi KPU Provinsi Lampung Agus Riyanto saat dimintai keterangan. Bandarlampung, Selasa, (2/7/2024). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Progres coklit di Provinsi Lampung pada hari kesembilan, mencapai 60,82 persen atau 3.974.863 pemilih
Bandarlampung (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung mencatat bahwa progres pencocokan dan penelitian (coklit) di wilayah ini telah mencapai 60,82 persen.

“Progres coklit di Provinsi Lampung pada hari kesembilan, mencapai 60,82 persen atau 3.974.863 pemilih,” kata Koordinator Divisi Data dan Informasi KPU Provinsi Lampung Agus Riyanto di Bandarlampung, Selasa.

Ia mengatakan bahwa KPU Lampung terus memantau proses coklit yang dilakukan petugas pemutakhiran data pemilih (ppdp) atau pantarlih melalui aplikasi e-Coklit.

“Dari data yang kami miliki, coklit tertinggi ada di Kabupaten Way Kanan sebesar 76,43 persen kemudian, Tanggamus 68,66 persen dan Pringsewu 66,76 persen dari jumlah daftar pemilih potensial pada masing-masing wilayah," kata dia.

Kemudian, ia juga menyampaikan bahwa memasuki pekan kedua pelaksanaan coklit, masih terdapat satu daerah yang progres coklit data pemilih di bawah angka 50 persen.

“Kota Bandarlampung hari ini per pukul 09.00 WIB di angka 48,98 persen. Namun bisa jadi setelah sinkronisasi data sudah di angka 50 persen pada hari ini," kata dia.

Berdasarkan progres coklit tersebut, ia mengaku KPU Lampung optimis pelaksanaan coklit data pemilih di 15 kabupaten dan kota di provinsi ini dapat diselesaikan pada pekan ketiga.

“Kalau melihat angka 60,82 persen ini sepertinya di minggu kedua bisa 90 persen dan target kami, di minggu ketiga bisa menyelesaikan coklit di semua daerah,” kata dia.

Baca juga: Jelang Pilkada, Wali Kota Eva Dwiana ajak masyarakat sukseskan coklit

Baca juga: KPU Bandarlampung lakukan coklit data pemilih di pesantren

Baca juga: Bawaslu Lampung Selatan perketat Coklit data pemilih Pilkada 2024