Polres Lampung Selatan tingkatkan pengamanan jelang mudik Lebaran 2023

id Persiapan jelang mudik ,Lampung Selatan

Polres Lampung Selatan tingkatkan pengamanan jelang mudik Lebaran 2023

Kapolres Lampung Selatan AKBP Edwin (ANTARA/Riadi Gunawan)

Lampung Selatan (ANTARA) - Kapolres Lampung Selatan AKBP Edwin mengatakan bahwa telah menyiapkan infrastruktur dan pengamanan jalur mudik Lebaran tahun 2023 di beberapa titik di wilayahnya.

"Untuk antisipasi pengamanan jalur mudik 2023 sudah baik, mulai dari perencanaan rekayasa lalu lintas hingga rekayasa pengamanan," kata AKBP Edwin saat dihubungi di Lampung Selatan, Sabtu.

Pihaknya telah menyiapkan sejak dua bulan yang lalu terkait tentang pengamanan jelang mudik Lebaran 2023.

"Pengecekan sarana dan prasarana (sarpras) sampai perbaikan Sarpras, sehingga nantinya siap dalam keadaan baik dan maksimal dalam penggunaannya," kata dia.

Selanjutnya dia mengatakan, pengecekan dan penanganan persiapan sarpras mulai dari Pelabuhan Bakauheni sampai dengan Bandara Raden Intan sudah dilakukan.

"Mengingat Lampung Selatan gerbang utama jalur pemudik menuju Sumatera dan sebaliknya, oleh karena itu kami menyiapkan sejak dini persiapan arus mudik," kata dia lagi.

Edwin mengatakan, pihaknya akan terus melakukan pemantauan dan ke depan akan dilaksanakan rapat koordinasi lintas sektoral guna melancarkan mudik lebaran tahun 2023.

Dia mengatakan, sesuai dengan prediksi dari Kementrian perhubungan bahwa arus mudik pada tahun 2023 akan mengalami lonjakan volume pemudik.

"Diperkirakan volume jumlah pemudik akan naik dari tahun sebelum nya mengingat pada tahun ini pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), sudah tidak ada pembatasan lagi, tetapi harus selalu melakukan protokol kesehatan," ujar dia.

Dia mengungkapkan mobilitas pemudik Lebaran tahun 2023 sama seperti tahun sebelumnya, tidak ada pembatasan PPKM.

"Polanya hampir sama, tidak ada lagi pembatasan, yang penting vaksin syarat perjalanannya, lebih longgar," katanya.

Edwin berharap aparat kepolisian di Lampung Selatan harus lebih tanggap dan jeli melihat situasi. Sebab, keberadaan anggota di lokasi rawan kemacetan dan penumpukan kendaraan sangat berpengaruh dalam pengamanan arus lalu lintas pemudik nantinya.