Dinkes Lampung: Imunisasi polio segera dilakukan serentak di puskesmas

id Imunisasi polio lampung, dinas kesehatan lampung, kesehatan lampung

Dinkes Lampung: Imunisasi polio segera dilakukan serentak di puskesmas

Arsip-Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung Edwin Rusli saat memberi keterangan terkait pelaksanaan imunisasi polio. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Imunisasi polio kali ini dilakukan dalam rangka pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) yang bertujuan untuk mencegah adanya kejadian polio pada anak,
Bandarlampung (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung Edwin Rusli mengatakan pelaksanaan imunisasi polio bagi anak usia dini akan dilakukan serentak di puskesmas di seluruh wilayah itu.
 
"Imunisasi polio kali ini dilakukan dalam rangka pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) yang bertujuan untuk mencegah adanya kejadian polio pada anak, guna menghasilkan generasi yang sehat," ujar Edwin Rusli di Bandarlampung, Kamis.
 
Ia mengatakan secara umum pelaksanaan imunisasi polio bagi anak usia dini di daerah itu akan dilakukan di semua puskesmas dan dilaksanakan tanpa dipungut biaya.
 
"Masyarakat bisa mendapatkan vaksin ini secara gratis di puskesmas, sebab kami pusatkan di situ. Sedangkan untuk yang dilaksanakan oleh pemerintah provinsi akan direncanakan berpusat di Kabupaten Lampung Selatan dan ini masih terus dimatangkan untuk perencanaan pelaksanaannya," kata Edwin Rusli.
 
Dia menjelaskan imunisasi polio tersebut mentargetkan anak usia dini dengan kisaran usia nol sampai tujuh tahun yang tersebar pada 15 kabupaten serta kota.
 
"Target adalah anak usia dini 0-7 tahun, jumlah sasaran di Provinsi Lampung sekitar 1,25 juta anak dalam rentang usia tersebut," ucap dia.
 
Menurut dia, melalui kegiatan imunisasi polio secara serentak yang dilakukan pada puskesmas di seluruh daerah itu akan mempermudah masyarakat membawa anak mereka untuk ikut serta dalam kegiatan tersebut.
 
"Jumlah yang masih kurang untuk ikut serta ini seperti ada di Kota Bandarlampung, Kabupaten Lampung Utara, dan Lampung Selatan. Jadi dengan ada kegiatan ini di daerah tersebut harapannya bisa makin bertambah anak yang sudah terimunisasi polio," ucap Edwin Rusli.

Baca juga: Pemprov Lampung: Imunisasi polio dilaksanakan serentak di 15 kabupaten/kota

Baca juga: Pemprov Lampung minta ekonomi kerakyatan diintensifkan atasi kemiskinan

Baca juga: Pemprov Lampung siapkan salinan cadangan data antisipasi serangan siber