PT GGL raih penghargaan pembina platinum dalam Bina Mitra UMKM Award 2023

id Ggp, ggf,penghargaan platinum

PT GGL raih penghargaan pembina platinum dalam Bina Mitra UMKM Award 2023

GGP raih penghargaan pembina platinum. (ANTARA/HO)

Kami merasa sangat terhormat dan bersyukur atas penghargaan yang diberikan kepada PT Great Giant Livestock (PT GGL). Ini merupakan sebuah pengakuan atas komitmen dan upaya keras kami dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan UMKM di Indonesia
Bandarlampung (ANTARA) - PT Great Giant Livestock (PT GGL) sukses meraih penghargaan dalam ajang Bina Mitra UMKM Awards 2024 di Jakarta, Sabtu (29/6/2024).

PT GGL mendapatkan awards untuk kategori Perusahaan Pembina Platinum atas kontribusi dalam mendukung pengembangan UMKM di Indonesia terutama Kemitraan Peternakan Sapi.

Penghargaan diberikan oleh  CFCD Foundation dan didukung Kementerian Perindustrian serta Kementerian Koperasi dan UKM. Penghargaan diterima di Hotel Bidakara, oleh perwakilan  PT GGL Asep Aria Fattening Partnership Head PT GGL didampingi oleh Imam Nawawi Ketua Kelompok Lembu Aji Pekalongan Lampung Timur.

 “Kami merasa sangat terhormat dan bersyukur atas penghargaan yang diberikan kepada PT Great Giant Livestock (PT GGL). Ini merupakan sebuah pengakuan atas komitmen dan upaya keras kami dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan UMKM di Indonesia," kara CEO Protein And Plant Based Great Giant Foods  (GGF) Josep Lay

“Sejak awal berdiri, PT GGL telah memiliki visi untuk menjadi mitra yang terpercaya bagi para pelaku UMKM. Kami tidak hanya menyediakan pasar dan jaringan distribusi bagi produk-produk UMKM, tetapi juga memberikan pendampingan, pelatihan, dan berbagai bantuan agar mereka dapat meningkatkan kapasitas dan daya saing usahanya. Penghargaan ini menjadi pemacu semangat kami untuk terus memperluas serta memperdalam keterlibatan kami dalam ekosistem UMKM, karena kami percaya bahwa keberhasilan UMKM akan berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia secara keseluruhan," ujar Josep.

Fattening Partnership Head GGL Asep Aria mengatakan kerja sama GGL dengan mitra peternak sapi ini terbukti dapat meningkatkan produktivitas dan pendapatan peternak, sekaligus mendorong praktik peternakan yang lebih ramah lingkungan.

GGL juga memberikan pendampingan manajemen peternakan sapi yang efisien dan ramah lingkungan. Selain itu GGL terus memberikan pendampingan teknis budidaya sapi, mulai dari pemeliharaan, kesehatan hewan, sampai pengolahan hasil serta bantuan sarana produksi seperti bibit sapi unggul, obat-obatan dan pakan serta pengembangan kemitraan pemasaran hasil ternak dengan pasar yang memberikan harga yang lebih layak.  

Saat ini sudah ada 189 peternak sapi dan 1.133 ekor sapi yang menjadi mitra di 5 kabupaten di Lampung. 

Sementara itu Direktur CFCD Foundation sekaligus Ketua CFCD Indonesia Thendri Supriatno mengatakan penghargaan ini baru pertama kali diadakan untuk mengapresiasi perusahaan atau lembaga dalam proses pengembangan UMKM yang menjadi binaannya lebih mandiri, produktif, dan mendukung perekonomian lokal dan global.

“UMKM memiliki peran sangat strategis dalam pengembangan ekosistem rantai pasok nasional, sekaligus berkontribusi dalam meningkatkan nilai tambah, kualitas, dan daya saing produkproduk industri nasional yang berperan dalam meningkatkan produktivitas perekonomian nasional.

Dengan bermitra dan memasok ke industri besar, maka akan tercipta keterkaitan dan keseimbangan antara sektor industri kecil, menengah, dan besar.

Pada akhirnya akan tercipta keterkaitan dan keseimbangan sektor usaha kecil dalam kegiatan perdagangan dan perindustrian global” pungkas Thendri.

Bina Mitra UMKM Award 2024 merupakan apresiasi kepada perusahaan atau lembaga yang berkontribusi dan ikut berperan aktif dalam proses pengembangan UMKM dan industri kecil menengah (IKMN) lewat pembinaan dan kemitraan menuju UMKM Naik Kelas.

Bina Mitra UMKM Award 2024 memberikan penghargaan kepada 32 perusahaan, 36 UMKM, dan 6 pendamping UMKM, dengan kategori masing-masing Platinum, Gold, dan Silver.

Penghargaan ini diharapkan meningkatkan kesadaran publik tentang pentingnya pembinaan UMKM oleh peusahaan atau lembaga dalam membangun rantai pasok yang kuat dan peningkatan perekonomian lokal dan global. Proses awarding dimulai dari pendaftaran dan konfirmasi kepesertaan.

Dilanjutkan dengan penilaian dan keputusan pemenang dilaksanakan lewat rapat pleno yang dihadiri oleh tim penilai dan CFCD Foundation selaku pelaksana acara. Saat penilaian, masing-masing perusahaan memaparkan proses pembinaan UMKM-nya, paparan dari UMKM terpilih, dan mengikutsertakan pendampingnya jika tersedia.

Selama proses penilaian tersebut, tim penilai melakukan pendalaman untuk menggali informasi lebih dalam dan komprehensif selama proses bertumbuhnya UMKM tersebut. Malam penganugerahaan ini juga dimeriahkan dengan bazar UMKM peserta Bina Mitra UMKM Award 2024 di teras Aula Binakarna, Hotel Bidakara, acara bincang-bincang dengan tema 'Meningkatkan Kualitas, Daya Saing Produk, dan Peningkatan Perekonomian Nasional' bersama para praktisi yang bekerja untuk pengembangan ekonomi mikro dan juga perusahaan selaku narasumber.