Presiden Jokowi apresiasi peran ACT-A dalam pengembangan vaksin COVID-19

id Presiden Jokowi, ACT-Accelerator Campaign 2022

Presiden Jokowi apresiasi peran ACT-A dalam pengembangan vaksin COVID-19

Tangkapan layar Presiden Jokowi menyampaikan pidato secara virtual dalam acara ACT-Accelerator Campaign 2022, yang disaksikan dalam kanal Youtube Sekretariat Presiden, di Jakarta, Rabu (9/2/2022). ANTARA/Rangga Pandu Asmara Jingga

Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi peran The Access to COVID-19 Tools Accelerator (ACT-A) dalam mendorong pengembangan obat, alat, dan vaksin COVID-19.

Hal itu disampaikan Presiden dalam pidatonya secara virtual pada acara ACT-Accelerator Campaign 2022 yang disaksikan melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden, di Jakarta, Rabu malam.

"Dirjen WHO terima kasih atas undangannya. Saya sangat mengapresiasi peran ACT-A dalam mendorong pengembangan dan akses yang berkeadilan terhadap obat, alat diagnosis, dan vaksin COVID-19," ujar Presiden Jokowi.



Presiden menyampaikan ACT-A merupakan bagian penting arsitektur kesehatan dunia, sekaligus bukti nyata manfaat multilateralisme.

Menurut Presiden, ke depannya peran ACT-A masih sangat dibutuhkan, termasuk untuk menjembatani ketimpangan vaksinasi global.



"No one is safe until everyone is. Saya mengajak negara-negara dan donor menggunakan kesempatan ini untuk memperkuat dukungannya terhadap ACT-A," jelas Presiden.

Dalam kesempatan itu Presiden menyampaikan bahwa sebagai Presidensi G20, Indonesia menjadikan penguatan arsitektur kesehatan dunia sebagai salah satu agenda prioritas.