Sejumlah pedagang di Bandarlampung masih jual masker scuba

id masker,masker scuba

Sejumlah pedagang di Bandarlampung masih jual masker scuba

Pedagang masih menjual masker scuba (Antaralammpung/Mutiara Sari-Mg/yoks)

Bandarlampung (ANTARA) - Sejumlah pedagang masker di Bandarlampung masih menjual masker scuba meski tidak direkomendasikan karena tidak memberikan perlindungan kepada pemakainya dari penularan virus corona.

"Saya sebenernya kurang tahu yang mana masker scuba, saya masih menjual masker ini karena masih banyak orang yang beli," ujar Anto, penjual masker kain di kawasan Tanjungkarang, Bandarlampung, Sabtu.

Ia mengatakan kalau ia juga menjual masker berbahan kain yang lebih tebal namun orang-orang tetap membeli masker scuba yang ia jual.
 
Pedagang masih menjual masker scuba ((Antaralammpung/Mutiara Sari-Mg/yoks))

Sedikit berbeda dengan Anto, Syarif yang juga merupakan pedagang masker di kawasan Kedaton, Bandarlampung mengakui bahwa ia mengetahui jika masker scuba tidak direkomendasikan karena tidak memberikan perlindungan dari virus corona akan tetapi ia tetap menjual masker tersebut.

"Saya mengetahui kalau masker ini tidak direkomendasikan, saya pernah tidak menjual masker scuba ini tetapi banyak pembeli yang menanyakan masker scuba itu sebabnya saya kembali menjual masker ini," ujarnya.

Hal senada disampaikan oleh salah seorang warga Bandarlampung yang ditemui di pasar Tanjungkarang, Bandarlampung.

"Saya membeli masker ini karena harganya lebih murah dari masker lain, supaya aman saya lapisi lagi masker ini dengan tisu," ujar Mariana.

Menurutnya, dengan melapisi masker scuba dengan tisu, menjaga jarak dan tetap mencuci tangan ia merasa sudah aman dari paparan virus corona.

Sejumlah pakar kesehatan dan dokter tidak merekomendasikan masyarakat untuk menggunakan masker scuba karena bahan dari masker scuba sendiri hanya satu lapisan.

Menurut para pakar kesehatan, jenis masker yang direkomendasikan untuk melindungi dari paparan virus corona adalah masker kain dengan bahan sutra atau silk empat lapis, bahan flanel, chiffon serta masker medis.