Menkop dorong Lampung kembangakan koperasi sektor rill

id Menteri koperasi, koperasi Lampung, UMKM lampung

Menkop dorong Lampung kembangakan koperasi sektor rill

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dalam lawatan ke Koperasi Mekar Sai Lampung, Bandarlampung, Sabtu 25/7/2020 (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Bandarlampung (ANTARA) - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mendorong pengembangan koperasi sektor rill di Provinsi Lampung, guna meningkatkan pengembangan pasar. 

"Koperasi saat ini hingga di masa mendatang harus berkembang dan dapat menjadi pilar perekonomian Indonesia, dengan mencakup beragam sektor," ujar Teten Masduki, di Bandarlampung, Sabtu. 

Ia mengatakan, Provinsi Lampung dengan beragam potensi sumberdaya alam, serta budaya memiliki potensi besar untuk melakukan pengembangan koperasi sektor rill. 

"Koperasi saat ini bukan hanya koperasi simpan pinjam, tapi sudah beragam sektor dan diharapkan Lampung dengan potensi yang besar mampu menjadi pusat ekonomi baru di Sumatera dengan perkembangan koperasi yang signifikan" ujarnya. 

Ia menjelaskan, dengan adanya koperasi sektor rill dapat menjadi salah satu wadah bagi penyerapan produksi ataupun produk yang ada di Provinsi Lampung. 

"Bila ingin membuat koperasi pangan tentu Lampung memiliki potensi, sebab memiliki banyak produk hortikultura, pertanian, dan untuk sektor lainnya dapat saling bersinergi, sehingga koperasi dapat memfasilitasi UMKM," katanya. 

Menurutnya, dengan sinergisitas semua pihak perkembangan dan penguatan koperasi serta UMKM akan terwujud. 

"Koperasi merupakan pusat ekonomi rakyat sehingga perlu sinergisitas dalam mengembangkan koperasi agar menjadi salah satu keunggulan Provinsi Lampung," ucapnya lagi.