Pasukan khusus AS tewas di Afganistan

id Tentara AS gugur ,Afghanistan

Seorang tentara Angkatan Darat Amerika Serikat dari Batalion Pasukan Khusus PSD 3/1AD melakukan tos dengan seorang anak Afghanistan dalam patroli di Pul-e Alam (REUTERS/Umit Bektas) (istimewa)

Atlanta (ANTARA) - Seorang tentara Amerika Serikat, yang tewas di Afghanistan, pada Minggu (14/7) dipastikan sebagai anggota pasukan khusus Sersan Mayor James G ‘Ryan’ Sartor dari Teague, Negara Bagian Texas, menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh Kementerian Pertahanan AS.

Sartor, usia 40 tahun, pada Sabtu (13/7) karena luka-luka akibat tembakan senjata ringan musuh dalam operasi tempur di Provinsi Faryab, bagian utara Afganistan.

Menurut keterangan Kementerian Pertahanan AS, Sartor ditugaskan ke Batalion 2, Pasukan Khusus ke-10 (Lintas Udara), Fort Carson, Colorado.

Menurut laporan media independen the Army Times, Sartor bergabung dengan Angkatan Darat AS pada tahun 2001 dan ditugaskan ke Divisi Infanteri 3 sebagai anggota infanteri.

Dia kemudian menyelesaikan pelatihan pasukan khusus dan beberapa kali ditugaskan ke Irak dan Afganistan mulai tahun 2002. Dia juga menjadi anggota pasukan khusus (United States Army Special Forces) yang dikenal dengan Baret Hijau.

Sersan Mayor James G ‘Ryan’ Sartor telah menerima beberapa lencana dan penghargaan selama kariernya, termasuk Bintang Perunggu (Bronze Star) serta Valorous Unit Award.

Setelah kematiannya, dia akan dianugerahi medali Purple Heart secara anumerta. Medali tersebut adalah penghargaan militer yang diberikan atas nama Presiden AS kepada mereka yang terluka atau meninggal saat bertugas.

Baca juga: Trump mengkhawatirkan serangan teror di Afghanistan jika tentara AS pergi

Sumber: Reuters

Pewarta :
Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar