Pengangkatan Sumpah Profesi Keperawatan STIKes Mitra Lampung

id Pengangkatan Sumpah Keperawatan STIKes Mitra Lampung

Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Mitra Lampung kembali meluluskan mahasiswa Program Pendidikan Profesi Keperawatan (Ners).  

Sebanyak 72 mahasiswa angkatan IX Program Pendidikan Profesi Keperawatan (Ners) itu telah menerima surat kelulusan pada Sabtu (8/11), dan mengangkat sumpah profesi di Ballroom Perguruan Tinggi Mitra Lampung.

Para lulusan itu adalah 55 orang dari kelas regular, dan 17 lulusan berasal dari nonregular.

Mahasiswa yang mengikuti yudisium itu adalah mahasiswa Ners angkatan IX yang telah menyelesaikan keseluruhan kegiatan pendidikan profesi yang menempuh beban studi 25 satuan kredit semester (SKS).

Kepala Program Studi Keperawatan STIKes Mitra Lampung, Armen Patria SKep MM, MKes menyampaikan, angkat sumpah ini dilakukan setelah mahasiswa angkatan IX Program Pendidikan Profesi Keperawatan mengikuti rangkaian pendidikan program profesi yang dilaksanakan.

Mereka telah mengikuti praktik keperawatan, dengan sejumlah stase, seperti praktik keperawatan maternitas, keperawatan anak, keperawatan medikal bedah, serta keperawatan gawat darurat dan manajemen keperawatan di sejumlah institusi kesehatan.

Ketua STIKes Mitra Lampung, dr Zamahsjari Sahli MKM, selain mengapresiasi, juga menyampaikan rasa bangga atas keberhasilan institusi ini dalam meluluskan sembilan angkatan, mengingat mereka semua dinilai sudah memenuhi syarat akademik dan nonakademik.

"Ini menunjukkan bahwa masyarakat telah mempercayai STIKes Mitra Lampung sebagai salah satu lembaga pendidikan yang berkualitas. Hal tersebut juga didukung dengan telah berhasil lulusan Ners STIkes Mitra Lampung untuk mengaplikasikan ilmu yang diperoleh, baik pada institusi pendidikan maupun kesehatan pemerintah dan swasta," ujar Zamahsjari.

Dia juga mengingatkan agar wisudawan menjaga 'marwah' martabat dari profesi Ners, dan 'marwah' almamater, bangga dengan Umitra dan membanggakan Umitra.

Ketua Yayasan Mitra Lampung Dr H Andi Surya dalam pengarahannya menyampaikan, agar lulusan perguruan tinggi ini dapat menguasai dan mempraktikkan ilmu dan keterampilan kepada masyarakat, sehingga akan berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Menurut Andi Surya yang juga anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), dengan ditambah lulusan terbaru Ners yang diwisuda ini, telah ada sebanyak 661 lulusan Ners dari STIKes Mitra Lampung.

"Hal tersebut membuktikan keseriusan dalam pelaksanaan program pendidikan ini, dan menunjukkan bahwa masyarakat telah mempercayakan institusi kesehatan ini sebagai wahana pendidikan yang berkualitas," ujar senator asal Lampung itu pula.

Lulusan terbaik wisuda ini adalah Ns Berry Satria SKep, dengan IPK 3,47 predikat sangat memuaskan (kelas regular), Ns Alfin Kathelina E SKep, IPK 3,56, sangat memuaskan (nonregular).