9.412 peserta ikuti UTBK di Universitas Jambi

id Utbk snbt unja, tes unja, mahasiswa unja, rektor unja

9.412 peserta ikuti UTBK di Universitas Jambi

Rektor Unja Prof Helmi meninjau pelaksanaan UTBK SNBT di hari pertama pelaksanaan ujian, Selasa (30/4/2024). (ANTARA/Tuyani)

Jambi (ANTARA) - Sebanyak 9.412 orang calon mahasiswa mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer – Seleksi Nasional Berbasis Tes (UTBK-SNBT) di Universitas Jambi.

Rektor Universitas Jambi Prof Helmi di Jambi, Selasa, mengatakan UTBK SNBT resmi dimulai pada 30 April 2024 hingga 20 Mei 2024.

Gelombang pertama pelaksanaan ujian pada 30 April dilanjutkan 2 Mei sampai 7 Mei 2024. Selanjutnya gelombang kedua 14- 20 Mei 2024.

"Unja melaksanakan UTBK hanya sampai 18 Mei 2024 sesuai dengan jumlah peserta," kata Helmi.

Rektor Unja didampingi Ketua Panitia Pelaksana Prof Kamid melakukan pemantauan pelaksanaan ujian secara langsung di Laboratorium ICT Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Unja Buluran.

Kemudian dilanjutkan ke Laboratorium UPT Bahasa 1 dan 2 dan Laboratorium LPTIK 3 di kampus Unja Telanaipura, Kota Jambi.

Rektor menyampaikan harapannya agar UTBK berjalan lancar sehingga mendapatkan calon-calon mahasiswa yang berkualitas.

“Peserta saya kira tidak terdapat gangguan teknis, mudah-mudahan terus berjalan lancar sampai selesai ujian di tanggal 18 Mei nanti sehingga kita harapkan mendapatkan calon-calon mahasiswa yang berkualitas bisa tercapai,” kata Rektor.

Ketua Panitia Pelaksana UTBK-SNBT Universitas Jambi Prof Kamid mengatakan bahwa pada pelaksanaan UTBK 2024, Unja menyediakan fasilitas ujian sebanyak 16 laboratorium untuk 9.412 peserta yang terbagi dari 24 sesi.

”Terdapat 9.412 peserta dan terbagi dari 24 sesi. Fasilitas untuk ujian sebanyak 16 laboratorium, sejauh ini untuk sesi satu berjalan dengan baik. Setiap hari akan melaksanakan dua sesi sehingga akan ada dua gelombang. Semoga dapat terlaksana dengan baik dan tertib,” kata Kamid.

Terdapat tiga lokasi pelaksanaan UTBK di Unja, di antaranya UNJA Kampus Mendalo, UNJA Kampus Telanaipura, dan UNJA Kampus Buluran. Gelombang satu terdapat 14 sesi serta gelombang dua 10 sesi, sehingga total keseluruhan sebanyak 24 sesi.