Korut Pasang Roket Di Landas Peluncuran

id rudal

Seoul  (ANTARA/Yonhap-OANA) - Korea Utara telah memasang roket satu tingkat di lokasi peluncuran Dongchang-ri di ujung baratlaut kabupaten itu, kata satu sumber pemerintah Senin.
        
Langkah ini menyusul pengumuman Pyongyang pada Sabtu yang memutuskan untuk meluncurkan satu roket yang membawa "satelit kerja" antara 10-22 Desember mendatang.
        
"Pemasangan itu berarti bahwa Korea Utara telah mulai persiapan untuk peluncuran rudal jarak jauhnya," kata sumber pemerintah.
        
Republik Demokratik Rakyat Korea, Korea Utara, Sabtu mengatakan bahwa pihaknya  berencana untuk meluncurkan satelit lain pada Desember setelah gagal pada April lalu.
        
Versi kedua Kwangmyongsong-3 akan diluncurkan dari Pusat Antariksa Sohae di Cholsan County, Provinsi  Phyongan Utara, oleh roket pembawa Unha-3 antara 10-22 Desember, kata kantor berita resmi KCNA.
        
"Para ilmuwan dan teknisi Korea Utara menganalisis kesalahan yang dibuat saat peluncuran April sebelumnya dan memperdalam kerja untuk meningkatkan keandalan dan ketepatan satelit dan roket pembawa," kata KCNA mengutip seorang juru bicara Komite Korea untuk Teknologi Ruang Angkasa.
        
Korea Utara meluncurkan Kwangmyongsong-3 pada 13 April untuk menandai ulang tahun ke-100 pendiri Korea Utara mendiang Kim Il Sung.    
   
Roket jarak jauh itu jatuh ke laut setelah menempuh perjalanan jarak pendek.
        
Dewan Keamanan PBB mengecam peluncuran itu dan menuntut agar Pyongyang sepenuhnya mematuhi resolusi-resolusi yang relevan dan menangguhkan semua kegiatan yang berkaitan dengan program rudal balistik.
        
KCNA mengatakan selama peluncuran April, Korea Utara  memastikan transparansi maksimal dari peluncuran satelit damai ilmiah dan teknologi itu, serta  meningkatkan kepercayaan internasional dalam penelitian ilmu ruang angkasa.
        
Pyongyang akan sepenuhnya mematuhi aturan internasional yang relevan saat peluncuran Desember, tambahnya.