Sebanyak 2.284 pendaftar SMMPTN Barat pilih Itera

id Laapung,Bandarlam0ung,Itera,Pemkot Bandarlampung,Calaon mahasiswa baru

Sebanyak 2.284 pendaftar SMMPTN Barat pilih Itera

Peserta Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (SMMPTN Barat) 2024 di Itera. Bandarlampung, Kamis, (27/6/2024). (ANTARA/HO-Itera)

Bagi calon mahasiswa yang belum berhasil lolos dalam SMMPTN Barat, Itera masih membuka kesempatan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Mandiri Terpadu Itera,
Bandarlampung (ANTARA) - Sebanyak 2.284 calon mahasiswa atau pendaftar memilih Institut Teknologi Sumatera (Itera) dalam Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (SMMPTN Barat) 2024.

"Jumlah pendaftar tersebut terdiri dari pilihan 1 sebanyak 626 orang, pilihan 2 (598 pendaftar), pilihan 3 (533 pendaftar) dan pilihan 4 (527 pendaftar)," kata Tim Sosialisasi dan Promosi SMMPTN Barat yang juga dosen Itera, Andre Febrianto, S.Kom., dalam keterangan yang diterima, Kamis.

Dia mengatakan bahwa dari total pendaftar SMMPTN Barat yang memilih Itera, sebanyak 559 peserta mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di kampus itu.

"Dari total 559 peserta yang mengikuti UTBK di kampus Itera, mayoritas berasal dari Provinsi Lampung, yaitu sebanyak 395 peserta, disusul Sumatera Selatan (115 peserta), Jawa Barat (14 peserta), Banten (7 peserta), dan DKI Jakarta dan Jawa Tengah (masing-masing 5 peserta)," kata dia.

Andre Febrianto, S.Kom., M.Eng., menyebutkan bahwa ujian yang dilaksanakan hari ini berjalan tertib dengan pengawasan ketat oleh 36 orang tim pengawas dari Itera.

"Pelaksanaan ujian SMMPTN di Itera dipusatkan di Gedung Laboratorium Teknik 1 dan 3 Itera," ujarnya.

Sementara Ketua Tim Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Itera Dr. Abdul Rajak, M.Si., menyampaikan dalam SMMPTN Barat tahun ini, Itera membuka kesempatan calon mahasiswa untuk memilih 41 program studi, dengan total daya tampung sebanyak 227 calon mahasiswa baru, khusus dari jalur SMMPTN Barat.

"Dari seluruh prodi di Itera, lima program studi dengan peminat terbanyak dalam SMMPTN Barat tahun ini yaitu Prodi Farmasi 291 orang pendaftar, Teknik Pertambangan 259 pendaftar, Teknik Informatika 200 pendaftar, Teknik Sipil 146 pendaftar, dan Teknik Industri 114 pendaftar," kata dia.

Dengan jumlah pendaftar yang cukup besar, meski kuota yang terbatas, Dr. Abdul Rajak berharap jalur SMMPTN Barat Itera dapat menjaring calon mahasiswa terbaik untuk masing-masing prodi.

"Bagi calon mahasiswa yang belum berhasil lolos dalam SMMPTN Barat, Itera masih membuka kesempatan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Mandiri Terpadu Itera, yang terdiri dari jalur Mandiri Prestasi Khusus," kata dia.

Selain itu, SMT Itera juga membuka jalur Seleksi Mandiri Berdasarkan Nilai Rapor dengan syarat pernah ikut jalur SNBP dan tidak lolos serta jalur Seleksi Mandiri Berdasarkan Nilai UTBK SNBT dengan syarat pernah ikut jalur SNBT dan tidak lolos.

Para peserta yang akan mengikuti Seleksi Mandiri Terpadu Itera cukup mendaftar melalui laman https://smt.itera.ac.id/ dan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp250.000, dibayarkan melalui Bank BSI dengan nomor Rekening : 7252977702 (a/n Unit Penerimaan Mahasiswa Baru). Informasi selengkapnya jalur Seleksi Mandiri Terpadu Itera dapat mengakses laman pmb.itera.ac.id atau smt.itera.ac.id.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Sebanyak 2.284 pendaftar SMMPTN Barat pilih Itera