BPJN Lampung mengedukasi siswa SD cara jaga infrastruktur

id Hari jalan nasional, bpjn Lampung, edukasi jaga jalan, infrastruktur Lampung

BPJN Lampung mengedukasi siswa SD cara jaga infrastruktur

Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Lampung Susan Novelia saat memberikan edukasi tentang tatacara menjaga infrastruktur kepada siswa-siswi sekolah dasar di Bandarlampung. Jumat (24/11/2023). ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Jadi melalui edukasi di pendidikan dasar kita mengharapkan di kemudian hari bisa menciptakan insinyur muda yang sigap
Bandarlampung (ANTARA) - Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Lampung mengedukasi siswa sekolah dasar (SD) di Kota Bandarlampung tentang cara menjaga infrastruktur berupa jalan dan jembatan.

"Dalam rangka Hari Bakti PUPR pada 3 Desember dan Hari Jalan Nasional pada 20 Desember maka telah dilaksanakan kegiatan Bina Marga 'Goes to School' tepatnya di SD Negeri 2 Rawa Laut Kecamatan Enggal Kota Bandarlampung," ujar Kepala BPJN Lampung Susan Novelia di Bandarlampung, Jumat.

Ia mengatakan dalam kegiatan tersebut, pihaknya berupaya melakukan edukasi sejak dini kepada siswa-siswi SD mengenai tata cara menjaga infrastruktur jalan serta jembatan yang ada di sekitar lingkungan sekolah atau tempat tinggal.

"Dengan kegiatan ini kami coba sejak dini mengenalkan infrastruktur jalan dan jembatan, serta mulai meningkatkan rasa memiliki serta memperhatikan infrastruktur lain yang sudah terbangun di Lampung kepada anak-anak," katanya.

Dia melanjutkan melalui edukasi sejak pendidikan dasar juga diharapkan dapat menciptakan sumber daya manusia yang kompeten terutama di bidang infrastruktur di masa depan.

"Jadi melalui edukasi di pendidikan dasar kita mengharapkan di kemudian hari bisa menciptakan insinyur muda yang sigap 9membangun negeri dan merespon perubahan dengan inovasi-inovasi. Sebab beberapa tahun ini pemerintah gencar membangun infrastruktur, maka sejak dini anak-anak harus melek infrastruktur," tambahnya.

Menurut dia, kegiatan tersebut diikuti sebanyak 50 siswa kelas VI SD, serta dapat meningkatkan minat generasi muda untuk mengetahui jenis-jenis infrastruktur sekaligus pengembangannya.

Tanggapan serupa dikatakan oleh Kepala SDN 2 Rawa Laut Kusrina.

Menurut dia, adanya kegiatan edukasi infrastruktur jalan di sekolah dasar dapat menjadi salah satu cara mengenalkan sekaligus menumbuhkan minat generasi muda untuk menjaga fasilitas umum sekaligus infrastruktur yang dibangun pemerintah untuk kepentingan masyarakat.

"Ketika anak-anak ini tahu sejak dini tentang cara pembangunan, cara menjaga dan jenis-jenis infrastruktur, harapannya tumbuh rasa memiliki atas sarana prasarana infrastruktur yang sudah dibangun oleh pemerintah agar bisa tetap dijaga. Dan pendidikan ini akan mengakar serta menjadi fondasi dalam membentuk pola kebiasaan saat nanti mereka dewasa," ucap dia pula.