Ketua PMI Lampung serahkan penghargaan donor darah 50 dan 75 kali kepada relawan

id lampung, pmi, pmi lampung

Ketua PMI Lampung serahkan penghargaan donor darah 50 dan 75 kali kepada relawan

Ketua PMI Lampung Serahkan Penghargaan  Donor Darah 50 kali kepada Karyawan perum LKBN ANTARA Biro Lampung Emir Fajar pada Upacara Peringatan HUT PMI ke-78, di Lapangan Korpri, Komplek Kantor Gubernur, Bandarlampung, Rabu (27/9/23). (ANTARA/HO-Humas Provinsi Lampung)

Semua relawan haruslah menanam pohon yang tentu kita koordinasikan bersama-sama, ujarnya

Bandarlampung (ANTARA) - Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Lampung Ibu Riana Sari Arinal menyerahkan secara simbolis  penghargaan donor darah sukarela 50 kali dan 75 kali usai upacara peringatan HUT ke-78 PMI di Lapangan Korpri, Komplek Kantor Gubernur, di Bandarlampung, Rabu (27/9/23).

Dalam upacara, turut hadir di antaranya jajaran Forkopimda Provinsi Lampung, jajaran PMI Provinsi Lampung, dan undangan lainnya.

Asisten Administrasi Umum Pemerintah Provinsi Lampung Senen Mustakim menjelaskan pada tanggal 17 September 2023 genaplah usia pengabdian PMI selama 78 tahun.

"PMI diresmikan dan didirikan para pendahulu kita 17 hari setelah kemerdekaan Indonesia. Artinya, PMI ini begitu pentingnya sehingga lebih dahulu dibanding banyak lembaga-lembaga nasional yang tentu juga mempunyai pengabdian yang sangat tinggi kepada bangsa ini," ujarnya.

"Kenapa begitu penting? Karena Palang Merah dan Bulan Sabit Merah di seluruh dunia ini pengabdiannya sesuai dengan prinsip-prinsip kemanusiaan. Karena itulah kita selalu mengingatkan agar kita semua melaksanakan prinsip-pirnisp dasar kita yang telah kita setujui bersama. Kemanusiaan, Kesamaan, Kenetralan, Kemandirian, Kesukarelaan, Kesatuan dan Kesemestaan. Itulah Prinsip pokok yang harus dipahami oleh semua Relawan, Pengurus dan kita semua keluarga besar Palang Merah Indonesia untuk membantu masyarakat," tambahnya.

Mustakim bersyukur pada akhir tahun ini tidak banyak bencana seperti bencana alam, gempa bumi, tsunami. Tetapi bencana alam lainnya yang tidak kalah sulitnya seperti kekeringan dan iklim yang berubah yang menyebabkan banyak penderitaan.

"Penderitaan bagaimana masyarakat kita tidak mendapat air bersih sebagaimana seharusnya dan juga dibidang bidang lainnya. Karena itulah maka program utama pada bulan-bulan ini adalah bagaimana membantu masyarakat yang kekeringan yang kekurangan air bersih dan kehidupannya yang sulit," ujarnya.

Dalam rangka membantu penyelesaian akibat iklim yang berubah ini, maka ke depan harus dijalankan program-program penghijauan.

"Semua relawan haruslah menanam pohon yang tentu kita koordinasikan bersama-sama," ujarnya.

Mustakim mengucapkan terima kasih kepada seluruh relawan, pengurus dan masyarakat yang membantu. Juga sponsor-sponsor yang dengan sepenuh hati membantu kegiatan-kegiatan Palang Merah dan dapat mengabdi kepada kemanusiaan.

"Sepenuh hati artinya ikhlas, penuh kerja keras dan juga pengabdian untuk mendapat amal ibadah dari pada Tuhan Yang maha esa. Itulah harapan saya pada hari yang penuh kebahagaiaan dan penuh dengan amal ibadah selama 78 Tahun dan selamat untuk kita semua," tutupnya.

Setelah pelaksanaan Upacara, Ketua PMI Provinsi Lampung Ibu Riana Sari Arinal menyempatkan melakukan peninjauan kendaraan PMI dan peninjauan Siger Donor Darah.