Wali Kota Bandarlampung sebut kirab pemilu harus terpelihara dengan baik

id Pemilu,Politik,Bandarlampung.,Kirab Pemilu 2024,Pemkot Bandarlampung

Wali Kota Bandarlampung sebut kirab pemilu harus terpelihara dengan baik

Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana bersama Forkopimda menabuh gong dimulainya Kirab Pemilu 2024 di Kota Bandarlampung yang akan berlangsung selama sepekan, di Bandarlampung, Senin, (28/8/2023). ANTARA/Dian Hadiyatna.

Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Kota Bandarlampung menyatakan bahwa Kirab Pemilu 2024 merupakan bentuk penyampaian informasi, pendidikan pemilih dan nilai demokrasi yang harus terpelihara dengan baik, di Ibu Kota Provinsi Lampung itu,.

"Semoga Kirab Pemilu 2024 yang dilaksanakan di kota ini selama sepekan dapat berjalan dengan baik dan sukses," kata Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana, di Bandarlampung, Senin.

Ia pun menegaskan bahwa Pemkot Bandarlampung beserta jajaran sangat mendukung tahapan pemilu yang dilaksanakan oleh pihak penyelenggara pemilu dalam hal ini KPU, berdasarkan regulasi yang telah ditetapkan.

"Karena penyelenggaraan pemilu bukan hanya tugas KPU dan jajarannya semata, melainkan tugas kita semua bersama seluruh unsur masyarakat untuk berpartisipasi dan menyukseskannya guna tegaknya nilai-nilai demokrasi," kata dia.

Sehingga, kata dia, dalam Pemilu 2024 yang merupakan agenda nasional untuk mewujudkan terpilihnya pemimpin dan wakil rakyat dapat berjalan secara langsung, umum, bebas dan rahasia (luber).

Ia berharap melalui rangkaian kirab Pemilu 2024 ini bisa menggugah masyarakat untuk bisa ikut dalam pemilu mendatang dengan menyuarakan hak pilihnya.

"Semoga Kirab Pemilu 2024 berjalan sukses dan menggugah pemilih di kota ini untuk menggunakan hak pilihnya pada pemilu mendatang," kata dia.

Sementara itu Ketua KPU Bandarlampung Dedy Tryadi mengatakan bahwa serangkaian kegiatan Kirab Pemilu 2024 ini bertujuan untuk mensosialisasikan tahapan pemilu.

"Nanti selain di darat dengan pawai kirab disertai kendaraan hias, juga kami akan melakukannya di daerah pesisir di kota ini," kata dia.

Hal senada dengan Ketua KPU Lampung Erwan Bustami bahwa Kirab Pemilu ini dilakukan secara estafet, mulai 17 Juli 2023, bendera kirab tersebut sudah ada di provinsi ini dalam rangka menyosialisasikan tahapan pemilu secara maksimal kepada masyarakat.

"Tahapan pemilu sangat penting diketahui oleh masyarakat. Jangan sampai masyarakat tidak tau siapa peserta pemilu," kata dia.