Nekat melawan saat ditangkap, pencuri sapi di Lamtim diberikan tindakan tegas oleh polisi

id Polres lamtim, tersangka pencuri sapi, polisi tembak pencuri sapi

Nekat melawan saat ditangkap, pencuri sapi di Lamtim diberikan tindakan tegas oleh polisi

Polisi tindak tegas pencuri sapi. (Antaralampung/ho)

Bandarlampung (ANTARA) - Seorang pelaku tindak pidana pencurian hewan ternak sapi, terpaksa dilumpuhkan petugas kepolisian karena nekat melakukan perlawanan saat ditangkap.

Kapolres Lampung Timur AKBP M Rizal Muchtar, didampingi Kasat Reskrim IPTU Johanes EP Sihombing dan Kasi Humas AKP Holili pada Sabtu (26/8), menjelaskan bahwa pelaku berinisial MF (35) warga Kabupaten Pringsewu.

"Pelaku merupakan warga Pringsewu," ucapnya.

Berdasarkan data kepolisian, pelaku diduga terlibat pencurian sapi, milik HT (31) warga Desa Sumbersari, Kecamatan Sekampung, pada Selasa (22/8).

Peristiwa diduga dilakukan pelaku di rumah korban Rudi Hartono dengan cara masuk ke dalam kandang, yang berada di belakang rumah, kemudian membawa kabur seekor sapi betina seharga Rp11 juta.

"Petugas Kepolisian gabungan Satuan Reskrim Polres Lampung Timur, dan Polsek Batanghari Nuban, yang melakukan proses penangkapan terpaksa memberikan tindakan tegas dan terukur terhadap pelaku yang sempat melakukan upaya perlawanan," ujar Kapolres.

Selain pelaku, pihak kepolisian juga turut mengamankan barang bukti berupa 1 unit mobil merk Suzuki APV, dan 1 ekor sapi.

Sementara itu, korban mengucapkan terimakasih kepada pihak kepolisian yang telah berhasil mengungkap pelaku pencurian sapi miliknya.

"Saya mengungkapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Polres Lampung Timur yang telah dengan cepat hanya dalam kurun waktu 2 hari dapat menemukan pelaku dan sapi saya yang hilang," ucap Rudi saat diserahkannya kembali sapi miliknya tersebut.

"Pelaku dijerat dengan pasal 363 KUHPidana tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara" pungkas nya.