Dinas PMD Lampung sebut BUMDes siap jadi penyalur pupuk di desa

id BUMDes lampung, bumdes penyalur pupuk, pertanian lampung

Dinas PMD Lampung sebut BUMDes siap jadi penyalur pupuk di desa

Ilustrasi- Petani di Kabupaten Lampung Tengah sedang mempupuk lahan pertanian. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

BUMDes ini nantinya menjadi distributor atau penyalur pupuk bagi warga desa terutama petani.
Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Transmigrasi (PMD) Provinsi Lampung menyebutkan bahwa Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di daerah siap menjadi penyalur pupuk di desa pada 2024.
 
"Untuk mengembangkan BUMDes agar semakin maju, tahun ini ada terobosan baru untuk pengembangan BUMDes di Lampung," ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Transmigrasi Provinsi Lampung Zaidirina di Bandarlampung, Senin.
 
Ia mengatakan BUMDes yang tersebar di berbagai desa di 15 kabupaten akan dibantu agar bisa menjadi distributor pupuk bagi petani di masing-masing desa.

"BUMDes ini nantinya menjadi distributor atau penyalur pupuk bagi warga desa terutama petani. Pupuk ini nanti langsung dari PT Pupuk Sriwidjaja Palembang (Pusri) sehingga jadi lebih sederhana alurnya," katanya.
 
Dia menjelaskan penyaluran pupuk tidak perlu melewati lini satu sampai empat, tetapi dapat langsung dibeli melalui BUMDes.
 
"Saat ini masih dalam proses mengurus perizinan, karena banyak yang harus dipersiapkan agar semua bisa berjalan dengan lancar," ucap dia.
 
Tanggapan positif atas adanya rencana pengembangan BUMDes sebagai penyalur pupuk di desa dikatakan oleh salah seorang petani di Lampung, Bahruddin.
 
"Kalau BUMDes bisa menjadi distributor pupuk, yang pasti kalau bisa bermanfaat dan mempermudah petani mencari pupuk untuk sawah kami mendukung," kata Bahruddin.
 
Ia mengharapkan pula masuknya BUMDes menjadi penyalur pupuk bisa mempercepat alur distribusi pupuk sampai ke petani.
 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Dinas PMD Lampung sebut BUMDes jadi penyalur pupuk di desa