BNI tanam ribuan terumbu karang di Sulut untuk rayakan HUT ke 75

id BNI,bank bni,terumbu karang,hut bni

BNI tanam ribuan terumbu karang di Sulut untuk rayakan HUT ke 75

Penanaman bibit terumbu karang oleh BNI HiMovers Dive Community dan Tim Seasoldier Sulut di Perairan Pantai Pulisan, Kecamatan Likupang, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Rabu (23/06). (ANTARA/HO-BNI)

Jakarta (ANTARA) - BNI menanam 1.946 bibit terumbu karang di Perairan Pantai Pulisan, Kecamatan Likupang, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara, dalam rangka menyemarakkan peringatan Hari Ulang Tahun ke 75 pada 5 Juli mendatang.

“Restorasi ini menjadi komitmen BNI untuk bertransformasi, sejalan dengan semangat HUT ke-75 untuk #LompatLebihTinggi. Pilihan terumbu karang juga searah dengan salah satu tujuan dari program BNI Hi-Movers for Change,” kata Direktur Layanan dan Jaringan BNI Ronny Venir di Jakarta, Kamis.

Pemilihan Perairan Pantai Pulisan, lanjut Ronny, karena menjadi bagian dari Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Likupang, dan merupakan satu dari lima destinasi super prioritas selain di Candi Borobudur, Danau Toba, Mandalika, dan Labuan Bajo.
Baca juga: BNI tanam ribuan pohon untuk rayakan HUT ke-75

Ronny mengatakan program tersebut diharapkan mampu meningkatkan kualitas ekosistem bawah laut Pantai Pulisan Likupang sehingga dapat meningkatkan daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara yang senang melakukan aktivitas bahari, seperti menyelam atau snorkeling dan pada akhirnya diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan warga setempat.

Lebih lanjut ia menjelaskan restorasi dilakukan dengan metode transplantasi karang berdasarkan tata kelola laut (sea scaping) yang sudah disusun sesuai habitat masing-masing. Sehingga, pemandangan kebun karang di bawah laut menjadi lebih indah.

Restorasi terumbu karang tersebut juga mengikutsertakan sembilan penyelam yang berpengalaman, yakni BNI HiMovers Dive Community dan Tim Seasoldier Sulut.

Adapun KEK Likupang dengan luas area 197,4 hektare memiliki potensi dan keunggulan secara geoekonomi dan geostrategis. Dilengkapi dengan pasir pantai, bebatuan eksotis serta bukit savana. Pantail tersebut berjarak 2 jam perjalanan dari Kota Manado.

BNI juga melakukan restorasi terumbu karang di beberapa perairan lain, seperti di Lombok (Nusa Tenggara Barat), Tarempa di Kepulauan Riau, hingga di Pulau Sabang di Aceh.

“BNI juga memberikan edukasi kepada komunitas selam BNI (46Divers) yang tersebar dari Sabang sampai Merauke terkait bagaimana cara melakukan restorasi terumbu karang tersebut, sehingga semangat penyelamatan perairan di tanah air terus meluas,” ujar Ronny.
Baca juga: BNI akan luncurkan "mobile banking" baru pada perayaan HUT ke-75
Baca juga: BNI nilai digitalisasi layanan perbankan dorong kinerja selama pandemi