Perancang busana ikon fesyen Australia Carla Zampatti meninggal dunia usia 78 tahun

id Carla Zampatti ,fesyen,fashion,desainer meninggal

Perancang busana ikon fesyen Australia Carla Zampatti meninggal dunia usia 78 tahun

Carla Zampatti (Wikimedia)

Kita telah kehilangan seorang Australia yang benar-benar hebat dan inspiratif
Jakarta (ANTARA) - Ikon fesyen Australia Carla Zampatti yang dikenal dari rancangan yang elegan dan usahanya memberdayakan perempuan selama lebih dari setengah abad telah tutup usia pada 78 tahun setelah terjatuh di Sydney, kata keluarganya, Sabtu.

Aktris Nicole Kidman dan Cate Blanchett, juga mantan perdana menteri Julia Gillard, adalah sebagian orang berpengaruh di Australia yang mengenakan rancangan Zampatti. Sang perancang diopname di rumah sakit pekan lalu setelah jatuh di acara opera.

"Dia terus berkembang sebagai pengusaha melalui perubahan radikal dan sosial yang sangat besar, merancang pakaian untuk perempuan yang berjuang untuk pembebasan melalui gerakan hak-hak perempuan pada tahun 1960-an untuk memberdayakan wanita saat ini," kata keluarga dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Reuters pada Minggu.

Pada awal 1970-an, Zampatti jadi salah satu perancang yang memperkenalkan pakaian renang dalam koleksinya di masyarakat Australia yang kalau itu masih konservatif.

Lahir di Italia pada 1942, sebelum keluarganya pindah ke Australia pada 1950, Zampatti memproduksi koleksi busana pertamanya pada 1965 sebelum mendirikan Carla Zampatti Pty Ltd lima tahun kemudian.

"Sungguh menakjubkan apa yang dapat Anda lakukan dengan optimisme masa muda yang luar biasa dan uang yang sangat sedikit," kata Zampatti kepada Australian Associated Press pada 2009.

"Kita telah kehilangan seorang Australia yang benar-benar hebat dan inspiratif," kata Perdana Menteri Scott Morrison dalam sebuah pernyataan, seraya menambahkan bahwa kontribusi Zampatti terhadap negara tak lekang dimakan waktu, sama seperti rancangannya.
Baca juga: Perjalanan Erigo, brand fesyen dari Indonesia ke Times Square, New York
Baca juga: Dukung ASI eksklusif, Vicky Shu berkolaborasi dengan brand fesyen Nyonya Nursing Wear