Menhan China: Penyelesaian 'soal Taiwan' adalah kepentingan nasional terbesar

id Soal Taiwan,kepentingan terbesar China,Menteri WeiFenghe,Taiwan

Menhan China: Penyelesaian 'soal Taiwan' adalah kepentingan nasional terbesar

Prajurit perempuan dari sebuah unit artileri berpartisipasi dalam latihan militer Han Kuang, yang menyimulasikan serangan Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) ke pulau, di Pingtung, Taiwan, Kamis (30/5/2019). ANTARA FOTO/REUTERS/Tyrone Siu/wsj/cfo

Beijing (ANTARA) - Menteri pertahanan China, Senin, mengatakan bahwa penyelesaian "soal Taiwan" merupakan kepentingan nasional terbesar China, dan tidak ada kekuatan yang dapat mencegah "reunifikasi" China.

Langkah pemisahan akan menemui kegagalan, kata Menteri Pertahanan Wei Fenghe saat pembukaan Forum Xiangshan di Beijing.

Forum itu dirancang China sebagai tanggapan terhadap forum keamanan Shangri-La Dialogue di Singapura.

Ketegangan antara China dan Taiwan meningkat menjelang pemilihan presiden di Taiwan pada Januari nanti.  Taiwan merupakan isu wilayah paling sensitif bagi China.

Taiwan mengecam China atas pemerintahannya yang otoriter, juga karena menjadi ancaman bagi perdamaian kawasan. Sementara itu, China menekan Taiwan dengan menjauhkan sekutu-sekutu diplomatik Taiwan yang tersisa. 

Baca juga: China gelar latihan militer di dekat perairan Taiwan
China menganggap Taiwan sebagai wilayah sakralnya, yang akan ditempatkan di bawah pemerintahan Beijing, jika perlu dengan paksaan. Sikap China itu merupakan pesan yang kembali ditegaskan oleh Presiden Xi Jinping awal tahun ini.

Pasukan Nasionalis yang menelan kekalahan kabur ke Taiwan pada 1949 pada akhir perang saudara dengan Komunis. Republik Rakyat China tidak pernah memerintah Taiwan, yang rakyatnya tak sudi dipimpin oleh Beijing yang otokratis.

Baca juga: Perjalanan wisatawan China ke Taiwan ditangguhkan
Sumber: Reuters


 
 
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar