Indra Sjafri sebut kekalahan Timnas dari Taiwan mempersulit posisi Indonesia

id sepakbola,asian games,indra sjafri

Indra Sjafri sebut kekalahan Timnas dari Taiwan mempersulit posisi Indonesia

Pesepak bola Timnas U-24 Indonesia Ramai Melvian Rumakiek (tengah) menguasai bola saat melawan Taiwan dalam pertandingan kualifikasi Grup F Asian Games 2022 di Stadion Zhejiang Normal University East, Jinhua, China, Kamis (21/9/2023). Indonesia dikalahkan Taiwan dengan skor 0-1. ANTARA FOTO/HO/NOC-Indonesia/aww.

Dengan gol yang terjadi, para pemain tidak bisa bangkit. Saya melakukan beberapa pergantian untuk bisa mengubah situasi tapi tidak banyak membantu. Hasil ini hasil yang sangat kita tidak inginkan, katanya
Jakarta (ANTARA) - Pelatih Timnas U-24 Indra Sjafri menyebut kekalahan Indonesia dari Taiwan kian mempersulit posisi Garuda Muda di babak penyisihan grup cabang olahraga sepak bola Asian Games 2022 Hangzhou agar bisa lolos ke fase selanjutnya, meskipun telah mengemas satu kemenangan.

"Tentu hasil yang sangat mengecewakan bagi kami. Kami menjadi sangat sulit di posisi grup, walaupun dengan satu kemenangan. Padahal sebelumnya sangat yakin bisa memenangkan pertandingan," kata Indra Sjafri dalam keterangan pers usai laga.

Dalam dua laga yang telah dimainkan di grup F, Indonesia menang 2-0 melawan Kirgistan pada Selasa (19/9), dan kalah 0-1 dari Taiwan pada laga yang digelar hari ini di Stadion Universitas Zhejiang Hangzhou China.

Hasil ini membuat Indonesia berada di peringkat dua klasemen Grup F dengan satu menang dan satu kalah. Catatan yang sama dengan Taiwan, namun Indonesia unggul selisih satu gol.

Indra sebenarnya telah memprediksi gaya permainan Taiwan yang lebih defensif. Namun anak-anak asuhnya belum bisa mendobrak pertahanan Taiwan, alih-alih malah kebobolan satu gol di awal babak kedua.

"Dengan gol yang terjadi, para pemain tidak bisa bangkit. Saya melakukan beberapa pergantian untuk bisa mengubah situasi tapi tidak banyak membantu. Hasil ini hasil yang sangat kita tidak inginkan," katanya.

Menurut dia para pemain Indonesia tidak bisa berkembang seperti yang diharapkan. Dia mencatat banyak terjadi kesalahan-kesalahan operan bola. Selain itu tidak terdapat pergerakan tanpa bola yang dilakukan oleh Rizky Ridho dkk.

Indonesia tinggal menyisakan satu laga di babak grup melawan Korea Utara yang dijadwalkan bertanding pada Minggu (24/9). Korea Utara yang dijadwalkan melawan Kirgistan pada malam ini dipastikan lolos ke babak selanjutnya apabila berhasil memetik kemenangan.

Sementara Indonesia harus bermain habis-habisan untuk menang, sekaligus menciptakan gol sebanyak mungkin agar unggul selisih gol apabila Taiwan juga meraih kemenangan melawan Kirgistan di akhir pekan yang sama.

"Ini jadi bahan evaluasi. Kita harus hadapi pertandingan satu lagi, mau tidak mau harus bekerja keras untuk lolos di grup. Kalau tadi bisa menang, di pertandingan ketiga kita tidak terlalu dikejar melawan Korea Utara habis-habisan. Terakhir melawan Korea Utara dan itu harus kita menangkan," katanya.

Indra menyatakan akan memanfaatkan masa jeda dua hari untuk mempersiapkan Timnas Indonesia sebaik-baiknya melawan Korea Utara.