Produksi Industri Manufaktur Lampung Naik

id gedung bps jakarta

Produksi Industri Manufaktur Lampung Naik

Gedung BPS (FOTO ANTARA/Andika Wahyu)

...produksi industri manufaktur besar dan sedang (year on year) Provinsi Lampung pada triwulan III tahun 2017 meningkat dari triwulan yang sama tahun sebelumya yakni sebesar 22,52 persen...
Bandarlampung  (ANTARA LAMPUNG) - Produksi industri manufaktur besar dan sedang Provinsi Lampung pada triwulan III tahun 2017 tercatat mengalami peningkatan sebesar 17,86 persen dari triwulan II tahun 2017.

"Hal itu mengindikasikan bahwa terjadi peningkatan produksi produk-produk industri besar dan sedang pada triwulan ini dibandingkan triwulan sebelumnya," kata Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Lampung, Yeane Irmaningrum, di Bandarlampung, Senin.

Ia mengatakan bahwa produksi industri manufaktur besar dan sedang (year on year) Provinsi Lampung pada triwulan III tahun 2017 meningkat dari triwulan yang sama tahun sebelumya yakni sebesar 22,52 persen.

Menurutnya, hal itu memperlihatkan bahwa produksi di triwulan yang sama tahun 2017 di sektor industri lebih besar dari tahun 2016.

Ia menjelaskan, untuk produksi industri manufaktur mikro dan kecil Provinsi Lampung pada triwulan III tahun 2017 menunjukkan penurunan sebesar 0,64 persen dibandingkan dengan triwulan II tahun 2017. Sedangkan pada triwulan III tahun 2017 terjadi perlambatan sebesar 3,05 persen dari triwulan yang sama tahun sebelumnya.

Di sisi lain, Yeane menjelaskan, produksi industri manufaktur besar dan sedang Indonesia

triwulan III tahun 2017 sedikit meningkat sebesar 2,27 persen dari triwulan II tahun 2017.

Hal tersebut, lanjutnya, menunjukkan produksi pada produk-produk industri pengolahan nasional pada triwulan ini dibandingkan triwulan sebelumnya mengalami sedikit peningkatan.

Produksi industri manufaktur besar dan sedang Indonesia triwulan III tahun 2017 menunjukkan peningkatan sebesar 5,51 persen bila dibandingkan dengan triwulan III tahun 2016.

"Artinya mengindikasikan perekonomian sektor industri yang berbasis perusahaan besar dan sedang di Indonesia pada triwulan III di tahun ini lebih baik dibandingkan triwulan III tahun sebelumnya," ujarnya.

Yeane menambahkan, produksi industri manufaktur mikro dan kecil Indonesia pada triwulan III tahun 2017 menunjukkan pertumbuhan sebesar 0,66 persen dari triwulan III tahun 2017, sementara untuk pertumbuhan produksi industri manufaktur mikro dan kecil mencatat pertumbuhan sebesar 5,34 persen pada triwulan III tahun 2017 ini jika dibandingkan dengan keadaan triwulan yang sama tahun sebelumnya.

(ANTARA)