Bawaslu ajak masyarakat setempat awasi pelaksanaan Pilkada Kota Metro

id Persiapan pilkada metro, kota metro, bawaslu metro

Bawaslu ajak masyarakat setempat awasi pelaksanaan Pilkada Kota Metro

Ketua Bawaslu Metro Badawi Idham saat memberi keterangan. ANTARA/Hendra Kurniawan

Kami mengharapkan peran masyarakat untuk bersama-sama mengawal proses pilkada yang berlangsung
Bandarlampung (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Metro, Lampung mengajak masyarakat di kota setempat untuk ikut mengawasi pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Metro yang akan berlangsung pada 2024 ini.

"Kami mengharapkan peran masyarakat untuk bersama-sama mengawal proses pilkada yang berlangsung, sehingga pemilihan tersebut dapat menghasilkan sosok pemimpin sesuai yang diharapkan oleh masyarakat, serta dapat membawa Kota Metro menjadi lebih baik," kata Ketua Bawaslu Metro Badawi Idham di Metro, Kamis.

Ia menyatakan, secara umum dalam pelaksanaan Pemilu Serentak 2024 lalu di Kota Metro, dapat berjalan aman, lancar dan damai. Serta seluruh hasil tahapan pengawasan Pemilu 2024 telah diserahkan ke Bawaslu RI.

Badawi mengakui terdapat beberapa catatan dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh peserta pemilu. Namun, setelah ditelaah dan setelah dilakukan verifikasi bersama Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) dugaan tersebut tidak terbukti memenuhi unsur-unsur pelanggaran pemilu.

"Memang berjalan aman, lancar dan damai tapi memang masih ada catatan untuk pemilu di Kota Metro terutama pemilihan legislatif," ucapnya.

Saat ini, Bawaslu Kota Metro tengah bersiap dalam gugatan perkara di Mahkamah Konstitusi terkait laporan kecurangan pemilu yang dilakukan oleh salah satu partai politik.

"Memang sedikit ada dinamika yang berasal dari salah satu partai politik yang tidak menandatangani form hasil saat penghitungan suara," ujarnya.

Ia melanjutkan dengan adanya hal tersebut pihaknya mengajak berbagi pihak dan masyarakat bisa ikut serta mengawasi dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan pilkada serentak tahun ini.

"Harapannya keterbukaan informasi baik itu terkait pemilihan umum dan kemudian nanti dilanjutkan oleh pemilihan kepala daerah dapat terus terjadi," ucap dia.

Dia memastikan seluruh tahapan pengawasan pemilihan kepala daerah nantinya akan disampaikan secara terbuka kepada masyarakat di Kota Metro.

"Nanti pada bulan Mei, semua calon akan mendaftarkan diri dan diverifikasi ketika ada calon perorangan," tambahnya.