Ikan lumba-lumba muncul di Pantai Ringgung

id Lumba-lumba, wisata pancing, Pantai Ringgung

Ikan lumba-lumba muncul di Pantai Ringgung

Ikan lumba-lumba yang jumlahnya puluhan ekor, muncul di Pantai Ringgung pada Selasa (24/1) pagi. Ikan itu tampak berenang di dekat jaring budi daya laut yang bertebaran di pantai Mutun dan Ringgung. (FOTO : ANTARA LAMPUNG/Hisar Sitanggang)

Bandarlampung (Antara Lampung) - Ikan lumba-lumba yang jumlahnya diperkirakan puluhan ekor, muncul di perairan Pantai Ringgung Lampung pada Selasa pagi sehingga kehadiran ikan itu menjadi daya tarik bagi para nelayan dan wisatawan.
     
."Saya sudah puluhan tahun tinggal di kawasan ini dengan mengusahakan wisata pancing dan taksi pulau yang selalu melintasi perairan Ringgung, namun belum pernah sebelumnya melihat kehadiran ikan lumba-lumba di perairan Ringgung ini," kata Margono, pemilik kapal taksi pulau setempat.
      
Kehadiran ikan lumba-lumba itu menjadi daya tarik bagi nelayan dan wisatawan, dengan berusaha mengambil gambarnya, atau melambatkan laju kapalnya agar bisa menikmati sensasi ikan lumba-lumba.  Ikan lumba-lumba itu terlihat berenang berputar-putar, yang diperkirakan terhambat jaring usaha budi daya laut.
      
Margono menyatakan kekhawatirannya akan keselamatan ikan lumba-lumba itu, karena di perairan itu terdapat banyak jaring usaha budi daya laut, serta merupakan jalur lalu lintas kapal-kapal nelayan.       
     
Kapal-kapal nelayan yang menggunakan cantrang sebelumnya juga kerap beroperasi di perairan Mutun dan Ringgung, meski sejak awal Januari 2017 sudah jarang terlihat.
     
"Mudah-mudahan ikan itu selamat, dan harus diberikan sanksi hukum kepada siapa saja yang mengancam atau menangkap ikan tersebut. Mudah-mudahan ikan itu muncul lagi, agar menjadi daya tarik bagi wisatawan," katanya.
     
Ia menyebutkan dirinya senang dengan kehadiran ikan lumba-lumba itu, dan berharap pemerintah terus menyosialisasikan kepada masyarakat untuk menjaga kelestarian laut, termasuk ikan lumba-lumba.
     
Pantai Mutun dan Pantai Ringgung termasuk objek wisata pantai yang mudah dijangkau dari kota Bandarlampung. Objek wisata pantai lainnya yang juga menjadi favorit bagi warga adalah Pantai Pasir Putih Bandarlampung.
    
Namun, objek wisata yang menjadi tempat paling pavorit bagi wisatawan untuk melihat kemunculan ikan lumba-lumba adalah Pantai Kiluan di Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung.
    
Dengan menggunakan perahu nelayan setempat, wisatawan bisa menikmati sensasi ikan lumba-lumba yang berenang di sisi perahu. Sehubungan itu, wisatawan selalu ramai berkunjung ke Pantai Kiluan, meski jaraknya cukup jauh dari Kota Bandarlampung.

Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar