Gubernur Lampung: Semua TPS siap fasilitasi warga salurkan hak pilih

id Kesiapan TPS Lampung, gubernur Lampung, pemilu 2024

Gubernur Lampung: Semua TPS siap fasilitasi warga salurkan hak pilih

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi saat melakukan peninjauan tempat pemungutan suara menjelang pelaksanaan pemilihan umum pada 14 Februari di Bandarlampung, Selasa (13/2/2024). ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

penyelenggara pemilihan umum setempat sudah siap dalam pelaksanaan pencoblosan besok
Bandarlampung (ANTARA) - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengatakan bahwa semua tempat pemungutan suara (TPS) di wilayahnya telah siap digunakan masyarakat untuk menyalurkan hak pilih dalam pemilihan umum (Pemilu) 2024.
 
"Hari ini saya melakukan pemantauan ke beberapa tempat pemungutan suara yang ada di Kota Bandarlampung, untuk melihat kesiapannya bagaimana sebelum pelaksanaan pemilihan umum serentak besok," ujar Arinal Djunaidi, di Bandarlampung, Selasa.
 
Ia mengatakan, berdasarkan pemantauan serta laporan yang diterima dari 15 kabupaten kota, semua TPS sudah siap menyambut masyarakat untuk menyalurkan hak pilih dalam pelaksanaan pemilihan umum.
 
"Setelah melihat secara langsung hari ini di tempat pemungutan suara, penyelenggara pemilihan umum setempat sudah siap dalam pelaksanaan pencoblosan besok. Hanya perlu melengkapi beberapa hal saja untuk memperlancar pelaksanaan pemilihan umum," katanya.
 
Dia pun meminta semua penyelenggara pemilihan umum untuk siap sedia memfasilitasi masyarakat dalam menggunakan hak pilih secara baik di esok hari.
 
"Jangan sampai masyarakat sudah siap dan menunjukkan keseriusan untuk menyalurkan hak pilih, tapi penyelenggara tidak siap memfasilitasi," ucapnya.
 
Pelaksanaan pemantauan TPS sebelum pelaksanaan pemilihan umum tersebut dilakukan di TPS 35 Kelurahan Kaliawi, TPS 36 Kelurahan Segala Mider, dan TPS 13 Kelurahan Panjang Utara.
 
"Saya memilih pemantauan tempat pemilihan suara di Kaliawi dan beberapa lokasi lain itu karena tempat-tempat itu merupakan lingkungan padat penduduk. Dan ternyata semua sudah siap bahkan penyelenggara sudah menguasai sekali alur serta tata cara pelaksanaan pemilihan umum. Di TPS 35 Kelurahan Kaliawi ini saja total ada 285 pemilih jadi cukup banyak," tambahnya.
 
Ia pun mengapresiasi para penyelenggara pemilihan umum yang telah bersiap untuk menjaga pelaksanaan pesta demokrasi agar berjalan lancar tanpa adanya satu hambatan pun.
 
"Saya apresiasi kesiapan semua pihak termasuk penyelenggara pemilihan umum untuk mensukseskan pemilihan umum besok," ujar dia.
 
Diketahui di Provinsi Lampung pada 2024 ini total ada 25.825 lokasi tempat pemungutan suara (TPS) dan menjadi daerah ke sembilan se-Indonesia yang memiliki jumlah tempat pemungutan suara terbanyak.

Baca juga: KPU Bandarlampung distribusikan logistik Pemilu ke Lapas Rajabasa

Baca juga: KPU Lampung sebut petugas adhoc di kecamatan jaga keamanan logistik pemilu

Baca juga: KPU Bandarlampung gunakan jasa pihak ketiga distribusi logistik