KPU Bandarlampung gunakan jasa pihak ketiga distribusi logistik

id Lampung,Bandarlampung,Pemkot Bandarlampung,KPU Bandarlampung,KPU ,Logistik Pemilu

KPU Bandarlampung gunakan jasa pihak ketiga distribusi logistik

Pekerja merapikan kotak suara Pemilu 2024 usai selesai dirakit di gudang logistik pemilu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandar Lampung, Lampung, Sabtu (24/12/2023). KPU Bandarlampung mulai melakukan perakitan 14.444 kotak suara untuk kebutuhan sekitar 2.880 Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pemilu serentak 14 Februari 2024. (ANTARA/Ardiansyah)

Bandarlampung (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandarlampung mengatakan bahwa pihaknya akan menggunakan jasa pihak ketiga dalam pendistribusian logistik Pemilu 2024 ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di daerah itu.

"Untuk distribusi logistik ke PPK di 20 kecamatan kami akan gunakan jasa pihak ketiga atau jasa ekspedisi," kata Ketua KPU Kota Bandarlampung Dedy Triyadi, di Bandarlapmung, Jumat.

Dia mengatakan dalam penggunaan jasa pihak ketiga untuk pendistribusian logistik tersebut, KPU Kota Bandarlampung akan melihat pengalaman atau rekam jejak perusahaan dalam penyaluran barang dan ketersediaan armada.

"Distribusi logistik akan diluncurkan secara serentak pada Sabtu (10/2). Sementara itu kami minta pihak ekspedisi yang ditunjuk menyiapkan 10 armada," kata Dedy.

Dia mengatakan bahwa pendistribusian logistik pemilu dari KPU Bandarlampung ke PPK ditargetkan selesai dalam waktu dua hari, dari 10 hingga 11 Februari 2024.

“Pengiriman logistik ke 20 kecamatan kami bagi 10 kecamatan untuk pengiriman kotak suara, sementara 10 kecamatan lainnya untuk bilik suara. Hari berikutnya begitu juga, sehingga kami targetkan dalam dua hari selesai,” katanya.

Dedy pun mengungkapkan bahwa terkait pengemasan logistik Pemilu 2024 di gudang KPU Bandarlampung telah rampung.

"Proses pengemasan sudah selesai, bahkan kekurangan surat suara pemilu presiden dan wakil presiden juga sudah diterima dan lengkap. Selanjutnya KPU Kota Bandarlampung akan melakukan persiapan untuk pendistribusian logistik pemilu ke PPK," kata dia.

KPU RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye Pilpres 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024