Surat suara Pemilu 2024 di KPU Bandarlampung masih kurang

id Lampung,Bandarlampung.,KPU Bandarlampung,Pemilu 2024

Surat suara Pemilu 2024 di KPU Bandarlampung masih kurang

Sejumlah orsng sedang melakukan proses penyetinga logistik Pemilu 2024 di Gudang KPU Bandarlapung. Selasa, (16/1/2024). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Kami sekarang fokus untuk setting karena semua logistik pemilu sudah sampai, katanya
Bandarlampung (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bandarlampung mengatakan bahwa masih kekurangan surat suara Pemilu 2024 untuk surat suara Presiden-Wakil Presiden, Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kota Bandarlampung serta Provinsi Lampung.

Ketua Ketua KPU Bandarlampung Dedy Triyadi di Bandarlampung, Selasa, menyebutkan,  kekurangan surat suara presiden dan wakil presiden sebanyak kurang lebih 1.900, surat suara DPD RI kurang lebih 490.

"Kemudian untuk surat suara DPR RI, DPRD Kota Bandarlampung dan DPR Provinsi Lampung itu kekurangan kurang lebih 500 lembar. Ini adalah jumlah total kekurangan dan kerusakan surat suara," kata dia.

Sementara itu, untuk pelipatan dan sortir surat suara, KPU Bandarlampung telah menyelesaikannya pada Sabtu (13/1) dengan yang terlipat sebanyak 4,4 juta surat suara.

"Saat ini KPU kami sedang bersiap distribusi logistik Pemilu 2024 untuk perlengkapan di luar tempat pemungutan suara (TPS) seperti bilik, daftar pasangan calon, daftar calon tetap, dan ID card," kaya dia.

Dedy mengatakan setelah menyelesaikan pelipatan surat suara, fokus utama KPU Bandarlampung adalah setting dan packing logistik untuk didistribusikan ke gudang Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

“Kami sekarang fokus untuk setting karena semua logistik pemilu sudah sampai dan yang sudah berjalan adalah setting C Plano, C Hasil, Template (presiden/wakil presiden dan DPD), daftar calon tetap, daftar pasangan calon,” kata dia.

Namun begitu, lanjut Dedy, dari proses setting diketahui masih terdapat kekurangan formulir C Plano dari jumlah yang dibutuhkan.

“Satu jenis C Plano itu ada 20 rangkap. Dari hasil hitung yang dilakukan ada yang kurang jumlahnya, kami akan cek satu per satu dan selanjutnya melaporkan ke KPU Provinsi Lampung dan percetakan,” kata dia.