Bandara Radin Inten II sediakan 3.080 alokasi waktu terbang

id Slot penerbangan Lampung, bandara Radin inten, penerbangan lampung

Bandara Radin Inten II sediakan 3.080 alokasi waktu terbang

Situasi di bagian beranda keberangkatan di Bandara Radin Inten II Lampung. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Pada periode ini kami telah melakukan koordinasi dengan maskapai, untuk menambah rute penerbangan dari dan menuju Lampung, katanya
Bandarlampung (ANTARA) - Pengelola Bandar Udara (Bandara) Radin Inten II Lampung menyediakan sebanyak 3.080 alokasi ketersediaan waktu terbang (slot time) pada periode musim hujan

"Pada periode musim hujan Bandara Radin Inten II menyediakan 3.080 slot time penerbangan, dengan rata-rata per hari ada 20 pergerakan pesawat," ujar Executive General Manager (EGM) Bandara Radin Inten II Lampung Untung Basuki berdasarkan keterangannya di Bandarlampung, Selasa.

Ia mengatakan pada periode penerbangan musim hujan yang dimulai pada 29 Oktober 2023 sampai 30 Maret 2024 selain menyediakan 3.080 alokasi ketersediaan waktu terbang, pihak bandar udara pun melakukan penambahan satu rute penerbangan yaitu Lampung-Bali dan sebaliknya.

"Pada periode ini kami telah melakukan koordinasi dengan maskapai, untuk menambah rute penerbangan dari dan menuju Lampung. Salah satunya dengan hadirnya rute Lampung-Bali yang akan dioperasikan oleh maskapai AirAsia. Penerbangan direncanakan akan dimulai pada 17 Januari 2024 dan penjualan tiket sudah dimulai pada 16 November 2023," katanya.

Dia menjelaskan selain penambahan rute penerbangan, terdapat pula penambahan slot penerbangan dengan rute Jakarta-Lampung dan sebaliknya. Maskapai Garuda Indonesia pun telah menambahkan frekuensi penerbangannya sebanyak lima hari dalam sepekan.

“Selain penambahan rute penerbangan menuju Bali oleh maskapai AirAsia, maskapai Garuda Indonesia pun melakukan penambahan slot penerbangan dengan rute Jakarta pada hari Selasa, Rabu, Kamis, Jumat dan Sabtu," ujar dia.

Menurut dia, Bandara Radin Inten II optimistis mampu mencapai alokasi ketersediaan waktu terbang di periode tersebut. Sebab pergerakan penerbangan semakin sibuk, sesuai data pemanfaatan alokasi ketersediaan waktu terbang di periode musim panas.

"Pemanfaatan alokasi ketersediaan waktu terbang tertinggi di periode musim panas ini terjadi pada Agustus 2023 dengan jumlah ketersediaan slot time 476 dan yang digunakan oleh maskapai mencapai 458 slot time," tambahnya.

Ia melanjutkan sehingga pemanfaatan alokasi ketersediaan waktu terbang di Bandara Radin Inten II pada Agustus mencapai 96 persen.

Untung Basuki mengatakan utilisasi slot time di Bandara Radin Inten II meningkat sejak awal periode musim panas yang dimulai pada tanggal 26 Maret sampai 28 Oktober 2023.

“Ini menandakan periode pemulihan lalu lintas penerbangan di Bandara Radin Inten II pasca pandemi sesuai dengan harapan kita, sejalan dengan terus tumbuhnya utilisasi slot time pada periode musim panas kami optimistis target pergerakan pada periode musim dingin dapat mencapai target yang diinginkan. Dan kami akan berusaha maksimal memenuhi slot penerbangan yang tersedia," ujar dia.