Lampung segera kembangkan Bandara Gatot Subroto

id Bandara gatot subroto way kanan, pj Gubernur Lampung, penerbangan perintis lampung

Lampung segera kembangkan Bandara Gatot Subroto

Penjabat (Pj) Gubernur Lampung Samsudin saat memberi keterangan selepas serah terima jabatan. Bandarlampung, Kamis (20/6/2024). ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Bandarlampung (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Lampung Samsudin menyatakan kesiapannya untuk menjalin koordinasi dengan lintas sektor guna mengembangkan penerbangan di Bandara Gatot Subroto yang terletak di Way Tuba Kabupaten Waykanan.
 
"Dalam membangun Provinsi Lampung ini membutuhkan kerja sama semua pihak di lintas sektor, sehingga dengan adanya Keputusan Presiden yang melantik saya sebagai Penjabat Gubernur Lampung pada 19 Juni kemarin, tentu tugas untuk membangun Lampung akan saya teruskan," ujar Samsudin di Bandarlampung, Kamis.
 
Ia mengatakan sebagai upaya untuk meningkatkan pembangunan Provinsi Lampung, pihaknya akan menjalin koordinasi lintas sektor dalam mengembangkan penerbangan perintis di Bandara Bandara Gatot Subroto yang terletak di Way Tuba Kabupaten Waykanan. Yang menghubungkan lima kabupaten yang ada di Provinsi Lampung dan Provinsi Sumatera Selatan.

"Dalam waktu dekat ini saya akan bertemu dengan Penjabat Gubernur Sumatera Selatan untuk membahas terkait bandara yang ada di Waykanan ini, agar persoalan yang masih tertunda meski tidak banyak bisa diselesaikan dengan baik untuk pengembangan penerbangan di bandara tersebut," katanya.
 
 
Dia menjelaskan pihaknya juga akan segera berkunjung ke Bandara Gatot Subroto, sekaligus mempelajari proses pengembangan bandara tersebut untuk menentukan langkah strategis agar layanan penerbangan di bandara tersebut bisa membantu mempermudah akses transportasi bagi masyarakat.

"Membangun Provinsi Lampung ini memang tidak mudah jadi semua perlu bergerak bersama, salah satunya mengenai pengembangan penerbangan di Bandara Gatot Subroto," tambahnya.
 
Diketahui Pemerintah Provinsi Lampung dan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan serta lima kabupaten yang ada di kedua provinsi tersebut tengah mengkaji tentang pemberian subsidi penerbangan bagi pengguna Bandara Gatot Subroto, sebagai bentuk memberikan stimulan guna meningkatkan minat pengguna transportasi udara di bandara tersebut.

Layanan penerbangan yang ada di bandara tersebut saat ini adalah layanan pesawat kecil jenis ATR yang berkapasitas 72 orang, dan jadwal penerbangan di bandar udara yang sebelumnya merupakan Lanud TNI Angkatan Darat akan bertambah dari sebelumnya sepekan sekali menjadi sepekan dua kali.
 
Bandara Gatot Subroto dengan panjang landasan pacu mencapai 2.100 meter itu memiliki letak yang strategis dimana berada diantara Provinsi Lampung dan Provinsi Sumatera Selatan, dimana masyarakat dari Kabupaten Waykanan, Lampung Barat, OKU Timur, Kabupaten OKU dan Kabupaten OKU Selatan dapat memanfaatkan layanan transportasi udara tersebut.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pj Gubernur Lampung: Segera kembangkan Bandara Gatot Subroto