Relawan Hero lakukan fogging setelah tiga orang terkena DBD di Ketapang

id Lampung Selatan ,Penyakit DBD ,Relawan Hero

Relawan Hero lakukan fogging setelah tiga orang terkena DBD di Ketapang

Suasana saat petugas tim relawan Hero melakukan fogging di Kecamatan Ketapang, Kabupaten Lampung Selatan. (ANTARA/HO/tim relawan Hero)

Lampung Selatan (ANTARA) - Relawan pemenangan bakal calon bupati Kabupaten Lampung Selatan, Hendry Rosyadi (Hero), melakukan fogging atau pengasapan untuk mengantisipasi penyebaran nyamuk Demam Berdarah Dengue (DBD).

Kordinator kegiatan Tim Relawan Habat Hero Samsudin, di Lampung Selatan, Minggu mengatakan, kegiatan fogging tersebut dilakukan untuk mencegah penularan penyakit DBD di Desa Ketapang, Kecamatan Ketapang, setelah tiga orang warga terserang DBD.

"Kami diinstruksikan oleh beliau (Hendry Rosyadi) untuk selalu sigap. Disini, di Desa Ketapang lagi musim DBD. Sekarang ini sudah ada tiga orang warga yang terkena DBD. Oleh karena itu tim langsung melakukan fogging membasmi nyamuk penyebab penyebaran DBD," kata dia.

Menurutnya, pengasapan tersebut dilakukan ditempat-tempat yang berpotensi menjadi sarang nyamuk pembawa DBD, seperti di sela gorong-gorong dan pemukiman warga setempat.

"Mudah-mudahan dengan kegiatan yang kita lakukan ini dapat memberantas nyamuk yang menjadi perantara penyebaran penyakit DBD. Sehingga, mata rantai penyebaran bisa terputus," katanya.

Untuk diketahui sebelumnya, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Lampung Selatan Jamaluddin mengatakan, sepanjang bulan Januari hingga Juni 2024, pihaknya telah menangani sebanyak 145 kasus DBD.

 "Dari Januari sampai Juni 2024, ada 145 kasus, sedangkan pada Juni ini saja terdapat 32 kasus," kata Jamaluddin.

Menurutnya, penyebab utama keberadaan nyamuk penyebar DBD adalah hidup di lingkungan yang kurang bersih, sehingga penerapan pola hidup sehat sangat penting dilakukan, khususnya di tempat-tempat yang berpotensi menjadi sarang nyamuk.

Karena itu, untuk mencegah semakin banyaknya warga yang tertular DBD, pihaknya mengimbau dan mengajak masyarakat meningkatkan kewaspadaan melalui 3M Plus, yaitu menutup, menguras, dan mengubur, serta menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

"Kami juga selalu meningkatkan peran masyarakat dengan kegiatan PSN dengan 3M Plus, seminggu sekali menguras, menutup, dan mendaur ulang barang bekas yang dapat menjadi tempat perindukan nyamuk," ujar dia.