Dukung program Metro Terang, Dishub rutin lakukan pemeliharaan LPJU

id Metro,Wahdi

Dukung program Metro Terang, Dishub rutin lakukan pemeliharaan LPJU

Petugas Dinas Perhubungan Kota Metro tengah melakukan pemeliharaan LPJU yang rusak. (ANTARA/Hendra Kurniawan)

Untuk jumlah LPJU kita saat ini ada 4634, tentunya nanti akan ditambah ya sesuai kebutuhan.
Metro (ANTARA) - Dinas Perhubungan (Dishub) setempat melakukan pemeliharaan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) secara rutin untuk mendukung program Wali Kota Metro Wahdi Siradjuddin yaitu Metro Terang.

Kadishub Metro Helmy Zain mengatakan, saat ini total LPJU di Kota Metro mencapai 4634 titik. Dimana, nantinya akan ada penambahan agar Kota Metro menjadi kota terang benderang. 

"Kita sangat mendukung program pak wali untuk mewujudkan Metro sebagai kota terang. Untuk jumlah LPJU kita saat ini ada 4634, tentunya nanti akan ditambah ya sesuai kebutuhan," kata dia saat dikonfirmasi, Jumat. 

Selain penambahan, kata dia, Dishub juga rutin melaksanakan pemeliharaan LPJU yang sudah ada. Dimana, sejak Januari hingga Juni 2024 ini Dishub sudah melakukan penanganan sebanyak 970 titik.

"Pemeliharaan ini untuk memastikan agar LPJU di Kota Metro tetap nyala setiap hari utamanya di jalan protokol. Kalau ada lampu yang mati akan segera kita tindaklanjuti," paparnya.

Helmy menjelaskan, selain menerima pengaduan dari masyarakat jika ada LPJU yang mati, petugas dari Dishub juga rutin memantau kondisi lampu di Kota Metro. 

"Pengaduan masyarakat biasanya disampaikan melalui nomor pengaduan, bisa juga lewat media sosial kita. Sampai saat ini total pengaduan terkait lampu mati ada 589 laporan," jelasnya.

"Selain itu petugas kita juga rutin turun untuk memantau jika ada lampu yang mati. Baik pengaduan maupun temuan kita sendiri pasti akan segera ditindaklanjuti dan dilakukan pemeliharaan," imbuhnya.

Dia menambahkan, Dishub juga membentuk dan menyiagakan tim teknis yang bertugas untuk menerima laporan, melakukan pemantauan dan pemeliharaan.

"Tim teknis ini kita bagi shift per minggu. Jadi mereka nanti bertugas untuk menerima aduan masyarakat, pemantauan sekaligus pemeliharaan. Supaya ketika ada LPJU yang mati segera ditindaklanjuti," tandasnya. 

Baca juga: MPP Metro tambah pelayanan baru untuk permudah warga

Baca juga: Kota Metro resmi miliki rumah sakit khusus para lansia

Baca juga: Wali Kota Metro target pembangunan 10 jalan strategis rampung Agustus 2024