Dishub: Penerbangan Lampung-Batam jadi rute ketiga yang aktif

id Penerbangan lampung-batam, penerbangan lampung, rute penerbangan lampung

Dishub: Penerbangan Lampung-Batam jadi rute ketiga yang aktif

Ilustrasi- Suasana di area check in Bandara Radin Inten II Lampung. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Kami masih berusaha mengajukan rute Bandung-Lampung, sebab banyak juga peminatnya, tambahnya
Bandarlampung (ANTARA) - Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Lampung Bambang Sumbogo menyatakan rute penerbangan Lampung menuju Batam menjadi rute ketiga di daerahnya yang kembali aktif melayani pengguna transportasi udara.
 
"Jadi nanti pada 14 Juni akan dibuka rute penerbangan Lampung menuju Batam, rute itu dulu pernah melayani penerbangan di Lampung tapi sempat tutup sementara," ujar Bambang di Bandarlampung, Senin.
 
Ia mengatakan aktifnya rute penerbangan Lampung menuju Batam tersebut menambah jumlah rute baru ataupun yang aktif kembali di Provinsi Lampung.
 
"Ini jadi rute ketiga yang aktif di Provinsi Lampung, sebelumnya ada rute Bali-Lampung tapi ini rute yang baru dibuka, dan kali ini rute Batam-Lampung yang aktif kembali, sebelumnya sudah ada rute Yogyakarta-Lampung," katanya.
 
Dia menjelaskan pelayanan rute Batam-Lampung akan dilakukan seminggu dua kali, dengan menggunakan maskapai Super Jet Air.
 
"Sebenarnya izinnya sudah setiap hari, tapi yang dijalankan dua kali seminggu dulu. Kalau animo sudah membaik akan ditingkatkan sesuai kebutuhan," ucap dia.
 
Bambang melanjutkan dibukanya rute tersebut menjadi salah satu inisiasi pemerintah daerah juga untuk mempersiapkan kegiatan pra PON yang akan berlangsung di Medan dan Aceh.
 
"Jadi Gubernur Lampung kemarin sudah meminta untuk mengaktifkan lagi penerbangan wilayah Sumatera karena yang ke Jawa dan Bali sudah ada. Sebab nanti kalau pra PON juga akan lebih mudah untuk keberangkatan ke sana," ujar dia.
 
Direncanakan tahun ini pihaknya bersama pengelola bandar udara Radin Inten pun sedang berjuang untuk membuka rute penerbangan menuju Bandung, Jawa Barat.

"Kami masih berusaha mengajukan rute Bandung-Lampung, sebab banyak juga peminatnya," tambahnya.
 
Tanggapan juga dikatakan oleh EGM Bandara Radin Inten II Lampung Untung Basuki.
 
"Penerbangan ini akan beroperasi pada 14 Juni nanti dan akan dilayani setiap hari Senin serta Jumat," kata Untung Basuki.
 
Jadwal keberangkatan dari Batam akan dilakukan pada pukul 13.05 WIB dan tiba di Lampung pukul 14.30 WIB. Sedangkan untuk jadwal keberangkatan dari Lampung-Batam dilakukan pukul 15.10 WIB dan tiba di Batam pukul 16.35 WIB.