DPUTR sebut tingkat kemantapan jalan di Kota Metro 83 persen

id Jalan,Metro

DPUTR sebut tingkat kemantapan jalan di Kota Metro 83 persen

Kepala DPUTR, Robby K Saputra. (ANTARA/Hendra Kurniawan)

Dari total 96 ruas jalan lingkungan yang akan dibangun, 62 titik sedang dalam proses, paparnya

Metro (ANTARA) - Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Metro menyebut kemantapan jalan di Bumi Sai Wawai tahun 2024 ini mencapai 83,92 persen, artinya kondisi jalan di kota ini dalam kondisi baik.

"Dalam penilaian jalan itu 60–80 persen kondisi jalannya sedang, nah untuk 80–100 persen itu baik. Untuk angka kemantapan kita 83,92 persen, artinya kondisi jalan kita baik," kata Kepala DPUTR Kota Metro, Robby K Saputra, Rabu.

Dia menjelaskan, tingkat kemantapan ini meningkat dari tahun sebelumnya, yang sebelumnya tingkat kemantapan jalan di Metro sebesar 81 persen.

"Iya memang mengalami peningkatan. Dan untuk di Provinsi Lampung tingkat kemantapan jalan di Kota Metro ini sudah baik," jelasnya.

Pemkot Metro, lanjut Robby, terus berupaya agar tingkat kemantapan jalan di Bumi Sai Wawai semakin baik. Salah satunya dengan mengebut pembangunan jalan yang akan dilaksanakan di APBD murni.

"Dari total 96 ruas jalan lingkungan yang akan dibangun, 62 titik sedang dalam proses. Sedangkan sisanya masih masih menunggu dari pihak ketiga untuk proses kontrak," paparnya.

Dia menuturkan, selain jalan lingkungan 10 proyek strategis saat ini juga dalam proses pengerjaan. Proyek tersebut yaitu pembangunan Jalan Sutan Syahrir, WR Supratman, Jalan Diponegoro, FKKPI.

"Kemudian Jalan Kaca Piring, pemeliharaan Jalan Imam Bonjol, pelebaran jembatan Jalan Proklamasi serta gedung Kelurahan Iringmulyo dan Kelurahan Ganjarasri," terangnya.

Robby menargetkan pembangunan tersebut selesai pada Agustus 2024 ini agar masyarakat di Kota Metro dapat menikmati perjalanan yang aman dan nyaman.