KONI Medan pantau atlet muda berbakat di Piala Wali Kota 2023

id koni medan,piala wali kota medan

KONI Medan pantau atlet muda berbakat di Piala Wali Kota 2023

Ketua KONI Medan Eddy Sibarani saat memimpin rapat persiapan Piala Wali Kota Medan 2022 (ANTARA/Juraidi)

Medan (ANTARA) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Medan kembali menggelar Piala Wali Kota Medan Tahun 2023 dengan mempertandingkan delapan cabang olahraga mulai 8 Mei hingga 30 Juni 2023 yang juga digunakan sebagai ajang untuk memantau atlet muda berbakat.

Ketua KONI Medan Eddy Sibarani di Medan, Kamis, mengatakan Piala Wali Kota Medan menjadi prestisius karena atlet juara di setiap cabang olahraga akan diproyeksikan menjadi atlet pelapis atlet utama Kota Medan.

"Atlet lapis pertama Kota Medan saat ini menghuni Pelatda Sumut untuk PON XXI Tahun 2024. Jadi melalui Piala Wali Kota Medan yang akan mempertandingkan delapan cabang olah raga itu, kita akan mempersiapkan atlet lapis kedua," katanya.

Kedelapan cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Piala Wali Kota Medan 2023 adalah cabang olahraga yang dianggap memiliki banyak jumlah atlet atau klubnya yakni basket, pencak silat, renang, tarung derajat, karate, bola voli, drumband dan bulu tangkis.

"Piala Wali Kota Medan sudah menjadi agenda tahunan KONI Medan dalam program pembinaan prestasi olahraga di kota ini. Kita kembali menggelarnya tahun ini, selain arena multi event lain seperti Porwil yang sudah rampung Februari dan Maret lalu serta Porkot pada September mendatang," katanya.

Dalam kesempatan itu ia juga menyampaikan berbagai kejuaraan yang digelar juga bertujuan memperbanyak frekuensi pertandingan olahraga di Kota Medan jelang PON XXI bergulir di Sumut dan Aceh pada tahun 2024 nanti.

Piala Wali Kota Medan 2023 diawali dengan mempertandingkan cabang bola basket pada 8-14 Juni di GOR Pradipa Perguruan Wahidin, Medan Labuhan. Acara pembukaan di cabang bola basket pada Senin (8/4) sore sekaligus seremonial acara pembukaan Piala Wali Kota Medan 2023 .

"Acara pembukaan rencananya dilakukan langsung oleh Wali Kota Medan didampingi jajaran Forkopimda Kota Medan.Piala Wali Kota Medan 2023 melibatkan sekitar 2.000 atlet dari delapan cabang olahraga yang dipertandingkan," katanya.

Delapan cabang olahraga yang dipertandingkan di Piala Wali Kota Medan 2023 adalah bola basket pada 8-14 Mei, pencak silat (16-17 Mei), renang (20-21 Mei), tarung derajat (27-28 Mei), karate (12-13 Juni), bola voli (15-23 Juni), drumband (20-21) Juni), dan bulutangkis (28-30 Juni).