Warga Kayong Utara tangkap buaya pemangsa ternak

id Warga menangkap buaya di Kayong Utara

Warga Kayong Utara tangkap buaya pemangsa ternak

Seekor buaya diduga pemangsa ternak yang berhasil ditangkap warga Pulau Maya Kavupaten Kayong Utara Kalimantan Barat. ANTARA/HO-Warga (Teofilusianto Timotius)

Kayong Utara, Kalbar (ANTARA) - Warga Pulau Maya Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat, berhasil menangkap buaya yang diduga sering memangsa ternak milik warga setempat.

Penangkapan buaya yang memiliki panjang empat meter tersebut dilakukan secara beramai- ramai oleh warga Pulau Maya menggunakan alat tangkap sederhana dan tanpa didampingi oleh petugas yang memiliki keahlian khusus.

"Buaya itu sering makan ternak warga setempat, sehingga beramai-ramai warga menangkapnya," kata Camat Pulau Maya Kayong Utara Jakfar di Pulau Maya, Kayong Utara, Selasa.

Jakfar menyebutkan banyak ternak jenis bebek milik warga yang sering dimangsa buaya tersebut.

Ia pun mengingatkan kepada seluruh warga untuk berhati-hati saat melakukan aktivitas di tepi sungai, maupun parit, karena masih banyak buaya lain yang dapat mengancam ternak maupun warga.

"Kepada orang tua dan anak-anak jangan tertidur, jangan main atau mandi di sungai, kita tidak tahu mungkin masih ada buaya-buaya lainnya," imbau Jakfar.

Sementara itu Kapolsek Pulau Maya Ipda Sumardi saat dikonfirmasi membenarkan tentang peristiwa penangkapan buaya tersebut, namun dirinya belum dapat memberikan informasi yang lebih detail karena sedang memantau kegiatan vaksinasi.

"Iya betul di Kepuyu Kecamatan Pulau Maya, anggota saya sudah di lapangan," jawab Sumardi.