PHDI Lampung tiadakan pawai ogoh-ogoh saat Nyepi

id Bali,Ogoh-ogoh,Lampung,Nyepi

PHDI Lampung tiadakan pawai ogoh-ogoh saat Nyepi

Ilustarasi (ANTARA/Dian Hadiyatna/Ho)

Karena ini masih dalam kondisi pandemi COVID-19  jadi kegiatan Melasti dilaksanakan di Pura masing-masing, kata dia

Bandarlampung (ANTARA) - Parisada Hindu Darma Indonesia (PHDI) Lampung meniadakan pawai Ogoh-ogoh pada perayaan Nyepi 2021 atau 1943 Saka guna menghindari kerumunan pada masa pandemi COVID-19.

"Karema ini sedang dalam masa pandemi, sesuai arahan PDHI pusat pawai Ogoh-ogoh seperti sebelum-sebelumnya ditiadakan," kata Wakil Ketua Bidang Ekonomi PHDI Lampung Wayan Aryudi di Bandarlampung, Jumat.

Ia mengatakan dalam menyambut perayaan Nyepi yang akan berlangsung pada Minggu (14/3) umat Hindu di Bandarlampung khususnya telah melakukan beberapa kegiatan seperti Melasti  dan Mecaru.

"Karena ini masih dalam kondisi pandemi COVID-19  jadi kegiatan Melasti dilaksanakan di Pura masing-masing," kata dia.

Ia mengimbau umat Hindu untuk melaksanakan Catur Brata Penyepian dengan tertib dan tidak mengganggu ketertiban masyarakat umum di masa pandemi COVID-19.

"Tema yang kita ambil dalam Nyepi kali ini saling menjaga kerukunan antar pemeluk agama dan menjalankan kewajiban agama dengan baik," kata dia.

Dalam pelaksanaan Nyepi pada hari Minggu nanti biasanya di Banjar Buana Santi atau Kampung Bali yang berada di Kota Bandarlampung umat dari agama lain pun ikut aktif membantu.

"Kami juga dibantu dari umat lainnya, ini gambaran dari toleransi umat beragama di Bandarlampung dan harus tetap dijaga dan dirawat," kata dia.