Jelang Ramadhan harga bahan pokok di Bandarlampung stabil

id Harga pangan, jelang ramadhan, Corona

Jelang Ramadhan harga bahan pokok di Bandarlampung stabil

Suasana jual beli di pasar tradisional di Bandarlampung, Senin, 13/04/2020 (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Bandar Lampung (ANTARA) - Harga bahan pokok di sejumlah pasar tradisional di kota Bandarlampung masih stabil menjelang Ramadhan. 

"Harga bahan pokok cenderung normal, kalau ada kenaikan masih dalam batas wajar," ujar Leman,  salah seorang pedagang di Pasar Kota Karang, Bandarlampung, Senin. 

Ia mengatakan, bahan pangan yang mengalami kenaikan meliputi bawang merah, telur, dan gula. 

"Bawang merah saat ini Rp40.000 per kilogram, ada kenaikan sebesar Rp2.000 per kilogram, gula pasir sekarang turun dari Rp17.000 per kilogram menjadi Rp16.000 per kilogram, dan untuk harga yang lain tetap normal seperti biasa, sebab stok cukup," katanya. 

Hal serupa juga dikatakan oleh Neli, salah seorang pedagang lainnya. 

"Menjelang Ramadhan harga normal semua, tetapi memang ada penurunan pembeli karena virus corona," ujar Neli. 

Ia mengatakan, harga sejumlah bahan pokok cenderung stabil, dan tidak ada kegiatan memborong bahan pangan oleh konsumen. 

"Beras asalan tetap dijual harga Rp11.000 per kilogram, bawang putih dan cabai tetap Rp32.000 per kilogram, tomat Rp10.000 per kilogram, dan untuk saat ini belum ada kegiatan memborong bahan makan jadi kondisi stabil,"katanya.

Menurutnya, meski daya beli masyarakat tidak begitu signifikan layaknya menjelang bulan Ramadhan pada tahun lalu akibat virus corona, para pedagang akan tetap berjualan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi masyrakat.