XL Axiata dukung upaya pengembangan industri wisata di Lampung

id xl axiata, industri pariwisata lampung, xl dukung pariwisata

XL Axiata dukung upaya pengembangan industri wisata di Lampung

Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi, di Bandarlampung, Rabu (23/10/2019) (Antara Lampung/Agus Wira Sukarta)

Bandarlampung (ANTARA) - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berkomitmen mendukung upaya pemerintah daerah Provinsi Lampung dalam mengembangkan industri wisata.

"Dukungan tersebut diimplementasikan dalam penyediaan infrastruktur telekomunikasi dan data berkualitas di area-area yang memiliki destinasi wisata popular dihampir seluruh Provinsi Lampung," kata Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi, di Bandarlampung, Rabu.

Ia menyebutkan, jaringan 4G LTE sudah masuk ke semua kota/kabupaten, termasuk di lokasi-lokasi wisata yang tersebar di seluruh provinsi yang berada di ujung paling selatan Pulau Sumatera tersebut.

Baca juga: XL Axiata luncurkan paket baru Xtra Kuota Zero

Menurut dia, keberadaan layanan telekomunikasi dan data berkualitas menjadi prasyarat untuk membangun industri wisata yang kuat di mana pun juga.

"Riilnya, jika saat ini kita bicara keinginan untuk memajukan suatu destinasi wisata, maka pertama terpikir adalah bagaimana mempromosikannya," jelasnya.

Desy menjelaskan, bicara promosi wisata maka hal yang paling mudah dilakukan adalah dengan social media, yang berarti foto-foto dan video pemandangan. Berarti harus ada sinyal 4G yang kuat di lokasi itu.

Ia menegaskan, roadmap pembangunan infrastruktur layanan data XL Axiata di seluruh Indonesia saat ini antara lain berpedoman dengan keberadaan area-area wisata ini.

Hal ini, lanjut dia, tidak terlepas dari fakta di lapangan bahwa keberadaan destinasi wisata mampu mendorong perekonomian di daerah tempatnya berada.

Baca juga: PT XL Axiata gelar literasi pengawasan anak akses sarana digital

Makin popular suatu destinasi wisata, biasa perekonomian di sekitarnya juga bergulir maju. Apalagi, jika bicara pariwisata, maka ekosistem pendukungnya juga cukup luas. Dari mulai bisnis penginapan dan kuliner, produk kerajinan, hingga atraksi budaya.

Desy menegaskan, teknologi digital dan platform media sosial menyediakan manfaat ganda untuk promosi. Melalui sarana digital, promosi tidak lagi hanya satu arah oleh para pelaku industri wisata, namun juga secara tidak langsung oleh para wisatawan.

"Melalui foto-foto maupun video dari para pengunjung yang dibagikan di media sosial, suatu daerah tujuan wisata bisa menjadi menjadi lebih terkenal," ujarnya.

Hal ini menjadi lebih relevan lagi karena perilaku masyarakat saat dalam menentukan pilihan suatu tujuan wisata juga dengan memastikannya melalui review di media sosial.

"Semua itu bisa dilakukan hanya jika di area wisata itu tersedia layanan data yang berkualitas baik. Konten-konten berupa foto dan video hanya bisa dibuat dan di-upload di internet dan media sosial jika sinyal datanya bagus dan kuat. Nah, kami di XL Axiata akan berusaha keras untuk terus meningkatkan kualitas layanan data di daerah-daerah wisata," tambah Group Head XL Axiata West Region itu.

Baca juga: XL Axiata luncurkan paket baru Xtra Kuota Zero
Pewarta :
Editor : Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar