Ridho Ficardo: Kembalikan Kejayaan Buah Naga dari Margajasa Sragi

id Buah Naga Margajasa, Buah Naga Sragi, Kejayaan Buah Naga Margajasa, Ridho Ficardo, Pilgub Lampung 2018

Ridho Ficardo: Kembalikan Kejayaan Buah Naga dari Margajasa Sragi

M Ridho Ficardo dalam kunjungan ke Desa Margajasa, Sragi, Kabupaten Lampung Selatan, Selasa (27/3). (FOTO: ANTARA Lampung/ist))

Lampung Selatan (Antaranews Lampung) - Calon Gubernur Lampung M Ridho Ficardo bertekad segera mengembalikan kejayaan Desa Margajasa, Kecamatan Sragi, sebagai ikon buah naga di Kabupaten Lampung Selatan. 

Saat calon gubernur nomor urut 1 ini mengunjungi desa setempat, Selasa (27/3), untuk menyerap aspirasi dan mengetahui apa saja yang dibutuhkan oleh warga desa untuk meningkatkan roda perekonomian, menegaskan tekad untuk kembalikan kejayaan buah naga dari Desa Margajasa, Sragi.. 

Supriadi, salah satu petani buah naga setempat berharap agar Ridho Ficardo dan Bachtiar Basri bisa mencarikan solusi bagaimana agar perkebunan buah naga dapat kembali seperti semula. 

"Terima kasih atas kedatangan pak Ridho ke Desa Margajasa, kami para petani buah hanya berharap agar desa kami bisa kembali maju dengan buah naganya dengan sistem pengairan yang baik. Selain itu, kami juga berharap pak Ridho terus melanjutkan program yang bersentuhan dengan masyarakat terlebih lagi di desa," ujar Supriadi. 

Menanggapi harapan warga tersebut, Ridho mengaku akan mengirimkan tim untuk melihat permasalahan yang ada.Pasalnya pada tahun 2010 lalu, buah naga di Desa Margajasa pernah mendapatkan SNI (Standar Nasional Indonesia) dan ditetapkan sebagai ikon desa buah naga di Lampung Selatan.

"Segera akan kami kirimkan tim, karena hal seperti inilah yang menjadi salah satu pendongkrak roda perekonomian masyarakat desa," ujar Ridho. 

Selain itu, dalam upaya pemenuhan ketersediaan air, pada era kepemimpinan M Ridho Ficardo dan Bachtiar Basri sudah ada pemanfaatan teknologi tepat guna pompa air tanpa mesin (PTAM), untuk memenuhi kebutuhan air bersih. 

Dia menegaskan, Lampung perlu melakukan terobosan teknologi baru untuk pengembangan sistem irigasi, dikarenakan pembangunan perekomonian di Lampung masih didominasi oleh sektor pertanian.

"Menerapkan PATM sebagai salah satu upaya untuk mengairi wilayah pertanian, apa pun jenisnya, petani buah, padi, tanaman, dan lain sebagainya untuk memeproleh hasil yang maksimal serta meningkatkan perekonomian," kata Ridho Ficardo yang juga gubernur Lampung nonaktif karena menjalani cuti untuk pencalonannya kembali itu pula. (Rilis bb)