Waykanan Dukung Lampung Swasembada Padi 2019

id wayka tanam padi perdana, s\wasembada pangan

Waykanan Dukung Lampung Swasembada Padi 2019

Pemerintah Kabupaten Waykanan melakukan tanam perdana padi di sawah baru pada hamparan sawah Gapoktan Jaya Abadi, Kampung Gedungjaya, Kecamatan Negarabatin guna mendukung program swasembada padi pada tahun 2019. (FOTO: Antaralampung.com/Emir FS)

...Kami telah melakukan tanam padi di lahan sawah baru, selain meningkatkan produktivitas juga untuk mendukung program Provinsi Lampung mencapai swasembada padi pada 2019, kata Maulana...
Waykanan, Lampung (ANTARA LAMPUNG) - Pemerintah Kabupaten Waykanan, Provinsi Lampung, mendukung program swasembada padi pada tahun 2019 dengan memperluas lahan sawah baru di daerah itu.

"Kami telah melakukan tanam padi di lahan sawah baru, selain meningkatkan produktivitas juga untuk mendukung program Provinsi Lampung mencapai swasembada padi pada 2019," kata Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Kabupaten Waykanan, Maulana Muhida di Waykanan, Selasa.

Ia menjelaskan tanam padi di areal sawah baru tersebut merupakan cetak sawah baru pada tahun 2017 dan sudah dapat ditanami oleh sejumlah kelompok.

Tanam perdana padi di sawah baru tersebut dilakukan pada hamparan sawah Gapoktan Jaya Abadi, Kampung Gedungjaya, Kecamatan Negarabatin, Waykanan.

"Banyak lahan baru yang sudah dapat digunakan untuk menanam padi, tetapi saat ini masih terkendala air yang masih kurang memadai," kata dia.

Maulana mengharapkan pada tahun 2017, 30 persen dari lahan sawah baru sudah dapat digunakan oleh kelompok tani yang ada di kecamatan masing-masing. Serta hasilnya bisa menopang kebutuhan pangan nasional.

Wakil Bupati Waykanan Edward Antony mengatakan Waykanan memiliki potensi yang cukup besar untuk pengembangan pertanian, dan mayoritas penduduknya memiliki mata pencaharian sebagai petani.

Dengan potensi itu, Pemerintah Kabupaten Waykanan dengan dukungan dari Pemerintah Provinsi Lampung maupun pemerintah pusat terus memberikan prioritas dan fokus pada pengembangan sejumlah komoditas, khususnya tanaman pangan yang prospektif dikembangkan.

Pemerintah Kabupaten Waykanan menyambut positif dan mendukung program Kementerian Pertanian RI melalui Upaya Khusus Penanaman Padi, Jagung, Kedelai dan Cabai. Program itu sangat sesuai dengan potensi geografis Kabupaten Waykanan.

Pengembangan sektor prioritas daerah sebagaimana tertuang dalam salah satu misi Pemerintah Kabupaten Waykanan akan menjadi perhatian serius sehingga mendapat hasil yang diharapkan.

Salah satu upaya meningkatkan produksi padi adalah dengan meningkatkan jumlah tanaman dan memodernisasi alat pertanian serta adanya perluasan lahan baru.

Peningkatan produksi tanaman pangan khususnya padi perlu ditingkatkan setiap tahun, baik dari segi kualitas maupun kuantitas, dimana setiap tahun kebutuhan pangan selalu meningkat sejalan dengan pertumbuhan penduduk.

"Mengingat besarnya peluang dan potensi Waykanan yang masih dapat dikembangkan dan didayagunakan untuk meningkatkan pendapatan serta kesejahteraan masyarakat sekaligus pengembangan perekonomian daerah," ujar Edward Antony.

Ia juga berharap ke depan kelompok tani dapat memanfaatkan sebaik-baiknya sawah yang baru dicetak.

(ANTARA)