Pemkab Tulangbawang serahkan bantuan alsintan ke petani

id bupati tuba, hana a rozak, beri bantuan, alat pertanian

Pemkab Tulangbawang serahkan bantuan alsintan ke petani

Bupati Tulang Bawang, Hanan A Rozak menyerahkan bantuan alat pertanian kepada 15 kelompok tani di Menggala, Rabu (31/8) (FOTO: ANTARA Lampung/Raharja)

...Hanan berharap agar bantuan dari pemerintah dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh kelompok tani...
Tulangbawang, Lampung (ANTARA Lampung) - Pemerintah Kabupaten Tulangbawang, Provinsi Lampung menyerahkan bantuan alat-alat mesin pertanian (alsintan) kepada kelompok tani di daerah setempat.

Sebanyak 15 traktor tangan untuk 15 kelompok tani dari empat kecamatan, yakni Kecamatan Menggala Timur, Menggala, Dente Teladas, dan Kecamatan Gedungmeneng dengan masing-masing perwakilan menerima bantuan alsintan yang diserahkan oleh Bupati Tulangbawang Hanan A Rozak, di Menggala, Rabu (31/8).

Hanan berharap agar bantuan dari pemerintah dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh kelompok tani.

Menurutnya, bantuan tersebut merupakan upaya jemput bola dan koordinasi yang baik yang telah dilakukan Pemkab Tulangbawang ke pemerintah pusat.

Selain itu, dia mengucapkan terima kasih atas dukungan DPRD Tulangbawang yang ikut membantu memfasilitasi aspirasi atau usulan daerah Kabupaten Tulangbawang ke DPR.

"Program banyak di pusat. Kita harus terus berupaya untuk mampu memanfaatkannya ke kabupaten kita," ujarnya pula. Apalagi lahan pertanian yang bisa diolah dan dioptimalkan oleh petani Tulangbawang sangat potensial," katanya.

Mesin-mesin pertanian seperti itu akan membantu produksi padi di Kabupaten Tulangbawang semakin cepat, kata Hanan pula.

Ia juga mengingatkan bahwa mesin pertanian bantuan tersebut untuk kelompok bukan untuk perorangan, dengan harapan digunakan untuk kepentingan bersama secara kelompok.

"Jadi, agar dapat diatur jadwalnya sedemikian rupa oleh petani dalam pelaksanaannya," ujar dia.

Mesin itu juga saya harapkan dapat bermanfaat dalam membantu petani mengurangi biaya pengolahan lahan, serta meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan petani dalam meningkatkan perekonomian.

Dia menambahkan, kemajuan bidang pertanian untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, menjadi salah satu fokus pembangunan daerah yang terus dimaksimalkan oleh Pemkab Tulangbawang.

Selain untuk mendukung peningkatan pembangunan sektor pertanian, menurutnya, bantuan itu juga salah satu upaya yang dilakukan oleh pemkab setempat, di antaranya dengan terus menggulirkan berbagai program bantuan seperti bantuan alat-alat pertanian guna mendukung produktivitas petani di Kabupaten Tulangbawang.

Hadir pada kesempatan itu, Dandim 0426 Tulangbawang Letkol Arm Kus Fiandar, anggota DPRD Tulangbawang Novi Marzani, Kepala Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan Ir Nurmansyah serta sejumlah jajaran Pejabat Pemkab Tulangbawang.(Ant)